Ramadhan Berapa Hari Lagi? Klik Disini Untuk Mendapatkan Informasi Seputar Ramadhan 2023

Ramadhan Berapa Hari Lagi? Klik Disini Untuk Mendapatkan Informasi Seputar Ramadhan 2023

Bulan Ramadhan 2023--Pixabay

JAKARTA, FIN.CO.ID - Bulan suci ramadhan merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu umat muslim, Ramadhan tahun 2023 akan tiba dalam beberapa bulan lagi.

Menyambut bulan suci yang tinggal beberapa bulan lagi, Banyak orang yang mulai bertanya-tanya kapan Bulan Ramadhan tiba. Namun sampai saat ini Pemerintah belum melangsungkan sidang isbat penetapan awal puasa Ramadhan 1444 Hijriah.

BACA JUGA:10 Nama Malaikat Lengkap dengan Tugasnya, Dari Jibril Hingga Ridwan

Ramadan adalah bulan kesembilan dalam kalender Hijriah. Pada bulan Ramadhan, umat Muslim di seluruh dunia melakukan ibadah puasa.

Puasa Ramadhan hukumnya fardhu (diwajibkan) untuk Muslim dewasa, kecuali ia mengalami halangan untuk melakukannya seperti sakit, dalam perjalanan, sudah tua,menyusui, diabetes, hamil, atau perempuan yang sedang mengalami menstruasi.

BACA JUGA:Niat Puasa Sunnah Bulan Rajab Lengkap Dengan Artinya

Meskipun pemerintah belum melangsungkan sidang isbat namun 1 Ramadhan tahun 2023 diperkirakan akan jatuh pada tanggal 22 Maret, bila dihitung mundur maka Ramadhan 2023 tinggal 58 hari lagi.

Untuk menentukan awal bulan Ramadhan sendiri bisa menggunakan dua cara atau dua metode yakni menggunakan metode Rukyatul Hilal dan menggunakan metode Hisab.

BACA JUGA:Niat Puasa Senin Kamis Lengkap dengan Keutamaannya

Berdasarkan SKB 3 Menteri, awal Ramadhan atau awal puasa diperkirakan akan jatuh pada tanggal 22-23 Maret 2023. Kemudian, Idul Fitri akan jatuh pada 22-23 April. Jika diperhitungkan kembali, apabila Idul Fitri jatuh pada 22 April, maka puasa akan dimulai tanggal 23 Maret 2024 sesuai dengan perhitungan 30 hari puasa Ramadhan.

BACA JUGA:Niat Puasa Ayyamul Bidh dan Keutamaannya

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Amanah Alit

Tentang Penulis

Sumber: