Bacaan Niat Puasa Rajab Hari ke-5, Simak Penjelasan Berikut

Bacaan Niat Puasa Rajab Hari ke-5, Simak Penjelasan Berikut

Bacaan niat puasa Ayyamul Bidh Oktober 2023 dan keutamaannya. (Ilustrasi puasa) --pexels/gebbyk

JAKARTA, FIN.CO.ID- Berikut bacaan niat puasa sunnah di bulan Rajab yang lengkap dengan arti dan teks Indonesinya. Pembaca bisa melafaz dengan teks Indonesia jika masih kesulitan membaca huruf Arab. 

Ummat Islam Indonesia saat ini telah memasuki hari kelima bulan Rajab, yang dalam kalender Masehi hari ini Jumat 26 Januari 2023. 

Bulan Rajab adalah bulan ketuju dalam kalender Hijriah atau kalender Islam. Bulan Rajab termasuk dalam empat bulan muharram dalam kalender Hijriah. 

Empat bulan Muharramn diantaranya bulan Zulka'dah, bulan Zulhijah, bulan Muharaam, dan bulan Rajab.

BACA JUGA:Bolehkah Puasa Qadha Ramadhan di Bulan Rajab? Simak Penjelasan dan Bacaan Niatnya

BACA JUGA:Ini Jadwal Imsak dan Buka Puasa Rajab 2023 di Jakarta dan Sekitar, Catat Jamnya

Tidak ada puasa yang dikhususkan dalam bulan Rajab. Puasa di bulan Rajab bisa dilakukan seperti halnya bulan-bulan muharram lainnya. Dan hukumnya sunnah. 

Dalam hadis Muslim nomor 160, riwat Aisyah, yang dikuatkan oleh Ibnu Abbas, bahwasanya Nabi Salallahu'alaihiwassalam sering meningkatkan puasa di bulan-bulan khurum alias bulan haram termasuk bulan Rajab. 

"Saya sering melihat Nabi Salallahua'alaihi Wassalam sering puasa, seakan-akan tidak berbuka, tapi juga sering melihat beliah berbuka seakan-akan tidak puasa," demikian bunyi hadis Muslim nomor 160.

Dengan demikian meningkatkan puasa di bulan Rajab hukumnya sunnah. Tetapi tidak dikhususkan. Artinya, niat puasa sunnah bulan Rajab tidak ada sebab tidak ada puasa khusus bulan Rajab. 

BACA JUGA:Apakah Boleh Baca Niat Puasa Rajab 2023 di Siang Hari? Ini Penjelasannya

BACA JUGA:Puasa Rajab Bid'ah atau Sunnah? Begini Penjelasannya

Yang ada hanya puasa sunnah lainnya seperti di bulan-bulan muharram dan bulan-bulan biasa lainnya. Seperti halnya puasa Senin Kamis di bulan Rajab, Puasa Daud di bulan Rajab, Puasa Qadha Ramadan di bulan Rajab dan lainnya. Dengan demikian tidak ada puasa khusus dalam bulan Rajab. 

Berikut niat puasa Senin Kamis di bulan Rajab:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: