KPU Semarang Siapkan 5.116 Orang untuk Pantarlih Pemilu 2024

KPU Semarang Siapkan 5.116 Orang untuk Pantarlih Pemilu 2024

Ilustrasi daftar pemilih. (ist)--

JATENG, FIN.CO.ID - Persiapan Pemilu 2024 terus dilakukan sejumlah daerah.

Satu di antaranya yakni persiapan panitia pemutkahiran data pemilih (pantarlih).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang, Jawa Tengah, menyiapkan sebanyak 5.116 orang untuk pantarlih.

BACA JUGA:Download GB WhatsApp Pro Apk v9.52F by FouadMods Hanya 56MB, Gratis Versi Terbaru Bukan Kedaluawarsa!

"Proses yang akan dilakukan KPU Kota Semarang setelah ini kan pemutakhiran data pemilih. Nah, yang melakukan ini pantarlih," ujar Ketua KPU Kota Semarang Henry Wahyono di Semarang, Rabu, 25 Januari 2023.

Menurut dia, panitia pemungutan suara (PPS) sebagai kepanjangan tangan KPU pada tingkat kelurahan mempunyai pekerjaan untuk mempersiapkan pantarlih sebanyak jumlah tempat pemungutan suara (TPS).

Pantarlih bekerja melaksanakan verifikasi keaslian data pemilih dengan bertandang ke rumah-rumah buat memastikan warga yang terdata benar-benar berdomisili di ditu.

"Kelak kami beri data pemilih ke pantarlih untuk diverifikasi, apa yang berkaitan masih tinggal di sana atau telah berpindah, anggota TNI atau Polri bukan, ada halangan tetap atau mungkin tidak," ucapnya.

BACA JUGA:Bentuk PPS Pemilu 2024, Kota Cimahi Siap Hadapi Segala Situasi

Henry menambahkan, PPS akan secepatnya membuka penerimaan atau pendaftaran calon pantarlih yang dimulai pada 26 Januari sampai awal Februari.

Sebelumnya, KPU Kota Semarang sudah melantik sebanyak 531 orang PPS yang dari 177 kelurahan di Kota Semarang, terdiri dari 3 orang PPS untuk tiap kelurahan.

"Kami harap, PPS yang dipilih ini terbaik hingga dapat bekerja sesuai proses perundang-undangan yang berlaku. Jaga integritas, kesolidan, selalu terkoordinasi dengan KPU," ucapnya.

Dia menambahkan, tahapan persiapan pemilu masih panjang hingga PPS diharapkan dapat membantu KPU Kota Semarang untuk melaksanakan semua tahapan sampai proses Pemilu 2024.

BACA JUGA:Pendaftaran Pantarlih Pemilu 2024 Dibuka, Cara Mengisinya Lewat Online, Lombok Tengah Butuh 3.350 Pantarlih

Sumber: