Ucapan Imlek 2023 Gong Xi Fa Cai, Ini Arti dan Maknanya

Ucapan Imlek 2023 Gong Xi Fa Cai, Ini Arti dan Maknanya

Imlek 2023--BRIEF

JAKARTA, FIN.CO.ID - Tahun baru imlek 2023 jatuh pada hari Minggu tanggal 22 Januari. Ucapan Gong Xi Fa Cai ramai terdengar saat memberikan ucapan Imlek. Apa arti dari Gong Xi Fa Cai dan maknanya?

BACA JUGA:Ribuan Masyarakat Tionghoa Mendatangi Kelenteng Hok Lay Kiong Kota Bekasi Untuk Sembahyang Imlek

Gong Xi Fa Cai dibaca Gong Hey Fat Choy yang memiliki arti "Semoga Anda sejahtera di tahun yang akan datang". Sedangkan terjemahannya dalam bahasa Kanton adalah "Semoga Anda bahagia dan sejahtera"

Sejahtera disini bisa berarti dengan kekayaan dan berhubungan dengan uang. Sehingga ucapan itu memiliki arti untuk saling berharap agar sama-sama mendapatkan rejeki yang baik dalam hal finansial.

BACA JUGA:Ibadah Imlek 2023 di Klenteng Hok Lay Kiong Kota Bekasi Dijaga Ketat

Sejahtera juga bisa berarti kedamaian dalam kehidupan sehari-hari seperti kesehatan, kerukunan dan kebaikan. Ada juga yang membaca Gong Xi Fa Cai dengan Kiong Hi Fat Chai.

BACA JUGA:Imlek 2023: Bunga Prem, Kue Keranjang hingga Baju Cheongsam Jadi Barang Paling Laris di Tokopedia

Kata 'Gong Xi' digunakan untuk mengucapkan selamat kepada penduduk Cina yang telah mengatasi binatang buas Nian yang kerap memangsa merka, menurut legenda.

Kemudian kata 'Fa Chai' artinya sejahtera atau makmur seiring dengan harapan kesejahteraan dan semangat kapitalisme yang melanda seluruh Cina dan seluruh dunia.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Brigita

Tentang Penulis

Sumber: