Menkeu Sri Mulyani Terus Dukung Program Terobosan Mensos

Menkeu Sri Mulyani Terus Dukung Program Terobosan Mensos

Menkeu Sri Mulyani Terus Dukung Program Terobosan Mensos--(dok.Kemensos)

MALANG, FIN.CO.ID - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengajak Menteri Keuangan Sri Mulyani berdialog langsung dengan penerima manfaat program penanganan kemiskinan terpadu di Malang Raya.

Hadir di Pendopo Kecamatan Pujon pada pagi hari, keduanya langsung bercengkrama dengan anak-anak, penyandang disabilitas, lansia, dan penerima bantuan sosial lainnya.

BACA JUGA:Ingin Bansos Tepat Sasaran, Ini Upaya Kemensos Dalam Mewujudkannya

BACA JUGA:Jalani Pelatihan di Sentra Milik Kemensos, Perempuan SAD Ini Bertekad Meraih Masa Depan Lebih Baik

Mensos memikirkan satu per satu penerima manfaat yang hadir. Salah satunya adalah penerima kursi roda multiguna. “Ini kursi rodanya dirancang sendiri oleh yang difabel, kalau dulu dia gak bisa berdiri, sekarang bisa,” kata Mensos yang disambut anggukan oleh Menkeu.

Suasana dialog menjadi semakin akrab saat keduanya menyapa lansia yang merupakan penerima program permakanan lansia tunggal. Dengan menggunakan bahasa jawa, dua menteri meminta saran bagaimana menjadi lansia yang sehat dan tetap cantik di usia senja.

Dalam keterangannya di hadapan awak media, Mensos mengatakan kunjungan kerja bersama dengan Menkeu merupakan bentuk edukasi kepada publik mengenai penggunaaan anggaran yang dilakukan oleh Kemensos.

“Jadi  Alhamdulillah  pagi ini Bu Menkeu bisa melihat program-program Kemensos. Yang pertama permakanan. Jadi ada program permakanan yang diluncurkan sejak Desember (2022) lalu untuk para lansia, dan bantuan untuk anak yatim,” katanya di Pendopo Kecamatan Pujon, Jalan Brigjen Abdul Manan No 8, Jurangrejo, Pandesari, Pujon, Kabupaten Malang, Jum'at (20/1).

BACA JUGA:Kisah Jajang Komar, Penyandang Disabilitas Sensorik Mata yang Sukses Buka Pijat Refleksi Dibantu Kemensos

Selain dua program tersebut, Kemensos juga melaksanakan program penanganan kemiskinan terpadu yaitu Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA), Rumah Sejahtera Terpadu, dan program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI).

Menkeu mengungkapkan, tahun 2022, Kemensos mengajukan anggaran tambahan kepada Kementerian Keuangan  untuk bantuan permakanan bagi lansia dan disabilitas.

“Hari ini saya diundang oleh Bu Risma untuk melihat beberapa program bantuan sosial yang dikembangkan oleh bu Risma. Pendekatan beliau itu sangat berbeda. Yaitu meng -empower atau memberikan pemberdayaan sehingga masyarakat bisa makin mandiri secara ekonomi,” ujar Sri Mulyani.

Ia mengapresiasi upaya pengentasan kemiskinan yang dilakukan Kemensos. "Kami akan mendukung yang dilakukan oleh Kemensos karena Bu Risma selalu melihat (semua masalah) dari mulai kemiskinan, disabilitas dan pemberdayaan menjadi satu paket kegiatan. Sehingga beliau selalu menggunakan anggaran dari bantuan sosial pemerintah itu, bisa dipakai untuk betul-betul membantu langsung target yang memang membutuhkan dan bahkan bisa memberdayakan," katanya.

BACA JUGA:Respon Cepat Banjir Jawa Tengah, Kemensos Dirikan 3 Dapur Umum dan Salurkan Bantuan Logistik untuk 5 Daerah

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: