Respon Cepat Banjir Jawa Tengah, Kemensos Dirikan 3 Dapur Umum dan Salurkan Bantuan Logistik untuk 5 Daerah

Respon Cepat Banjir Jawa Tengah, Kemensos Dirikan 3 Dapur Umum dan Salurkan Bantuan Logistik untuk 5 Daerah

Kemensos Dirikan 3 Dapur Umum dan Salurkan Bantuan Logistik untuk 5 Daerah--(dok.Kemensos)

SEMARANG, FIN.CO.ID - Kementerian Sosial merespon cepat banjir di Kota Semarang dan wilayah sekitar. Atas arahan Menteri Sosial Tri Rismaharini, Plt. Dirjen Linjamsos Robben Rico mengunjungi beberapa titik banjir untuk memastikan bantuan permakanan mencukupi kebutuhan warga.

Dalam kunjungannya ke beberapa titik banjir yang cukup parah di kawasan Tlogosari, Minggu (1/1) kemarin, Robben menyatakan Kemensos menyalurkan sejumlah bantuan dan mendirikan dapur umum.

BACA JUGA:Kemensos Beri Dukungan Produksi Garam Kusamba Melalaui Program PENA

BACA JUGA:Kemensos Penuhi Kebutuhan Air Warga Desa Kasaman

"Untuk memenuhi kebutuhan permakanan, kita membuat tiga dapur umum di RW 03 Tlogosari, Kecamatan Genuk, dan halaman Kecamatan Semarang Utara. Ketiganya mampu memproduksi 2.000 porsi nasi bungkus. Kami pastikan bantuan permakanan mencukupi," kata Robben.

Bantuan yang diberikan berupa peralatan dapur dan dapur umum, serta 2 unit perahu karet. Perahu karet langsung digunakan untuk membantu proses evakuasi warga, dan pendistribusian makanan.

Kemensos melalui Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) bersinergi dengan Sentra Terpadu "Prof. Dr. Soeharso" di Surakarta dan Sentra "Antasena" di Magelang mengirimkan bantuan makanan siap saji, kebutuhan wanita dan anak, serta kasur, matras dan selimut yang langsung diterima oleh Camat Genuksari, Minggu (1/1).

Bantuan Kemensos untuk bencana banjir di Provinsi Jawa Tengah total senilai Rp1.604.663.700 yang menyasar 5 daerah, yakni Kota Semarang, Kabupaten Batang, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Kudus.

BACA JUGA:Kemensos Gelar Pelatihan Di Tiga Kawasan Papua, Warga Antusias Ikuti Pelatihan Membatik dan Menjahit

Bantuan dikirimkan dari lima sentra, yakni Sentra Terpadu "Prof. Dr. Soeharso" di Surakarta, Sentra "Antasena" di Magelang, Sentra Terpadu "Kartini" di Temanggung, Sentra "Satria" di Baturraden, Sentra "Margo Laras" di Pati, dan dari Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Yogyakarta.

Untuk Kota Semarang, bantuan dikirimkan dari Sentra Terpadu "Prof. Dr. Soeharso" di Surakarta berupa makanan siap saji 2.000 paket, makanan anak 800 paket, kasur 150 lembar, selimut 200 lembar, kidsware 100 paket, sandang bayi 200 paket, dan pembalut wanita 300 dus.

Kemudian, bantuan dari Sentra "Antasena" di Magelang berupa makanan siap saji 2.000 paket, makanan anak 800 paket, kasur 100 lembar, selimut 200 lembar, kidsware 100 paket, dan sandang dewasa 200 paket.

Dari Gudang Regional di Bekasi untuk Kota Semarang, bantuan berupa perahu karet dengan 3 unit mesin.

BACA JUGA:Puluhan Penyandang Disabilitas di ACEH Terima Bantuan ATENSI Kemensos

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: