Bukan TikTok, FB, IG, Ini Raja Aplikasi di Indonesia!

Bukan TikTok, FB, IG, Ini Raja Aplikasi di Indonesia!

Aplikasi--Pixabay

JAKARTA, FIN.CO.ID - Konten video pendek berformat vertikal semakin lama semakin populer di Indonesia, Hal ini terjadi sejak beberapa tahun terakhir, sejak kemunculan TikTok. Namun, rupanya sepanjang 2022 bukan lagi TikTok yang merajai tangga aplikasi terpopuler.

Menurut laporan firma riset data.ai bertajuk "State of Mobile 2023", TikTok dikalahkan aplikasi edit video CapCut. Kedua aplikasi ini sama-sama bernaung di bawah ByteDance sebagai perusahaan induk, dirangkum CNBC Indonesia, Minggu (15/1/2023).

BACA JUGA:Puan Disarankan Main Tik Tok Ketimbang Menanam Padi atau Menyalurkan Bantuan

Capcut sendiri merupakan aplikasi yang cocok digunakan untuk mengedit video yang menarik agar disukai banyak orang, Aplikasi ini semakin lama semakn populer, Capcut pertama kali diluncurkan secara global pada tahun 2020 lalu, dan dalam kurun waktu kurang dari satu tahun CapCut sudah di-download sebanyak 140 juta kali di seluruh dunia.

Jika dilihat dari data firma Sensor Tower, Aplikasi CapCut menduduki posisi ke-9 sebagai aplikasi paling banyak di-download di seluruh dunia pada tahun 2021 lalu.

BACA JUGA:Cara Savefrom Capcut Tanpa Watermark 2023, Simak Penjelasannya

Di Indonesia sendiri popularitas CapCut tidak bisa diragukan lagi, Aplikasi ini menanjak tajam beriringan dengan ramainya pengguna TikTok. Watermark CapCut sering kita lihat ketika sedang scrolling TikTok.

Bahkan angka download CapCut mengalahkankan angka download TikTok di Indonesia. Laporan data.ai menunjukkan aplikasi yang paling banyak di-download orang Indonesia sepanjang 2022 adalah CapCut, baru disusul TikTok dan Facebook.

Di posisi keempat yakni Instagram, lalu disusul Shopee, WhatsApp Messenger, DANA, dan Snack Video secara berurutan. Nomor sembilan dan sepuluh masing-masing diduduki WhatsApp Business dan SHAREit.

BACA JUGA:Savefrom CapCut Tanpa Watermark: Aplikasi Editing Canggih yang Wajib Anda Coba, Simak Ulasannya DISINI!

Untuk pengguna aktif bulanan (monthly active user/MAU), aplikasi WhatsApp masih juara di Indonesia. Setelahnya disusul Facebook, Instagram, Shopee, dan TikTok secara berurutan.

Dari posisi ke-6 hingga 10 besar, MAU terbanyak diraih Tokopedia, Telegram, Gojek, MyTelkomsel, dan PeduliLindungi.

BACA JUGA:Edit Video Dengan Savefrom CapCut Tanpa Watermark Gak Pakai Ribet, Simak Caranya Disini!

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Amanah Alit

Tentang Penulis

Sumber: