China Minta Pembatasan Diskriminatif Warganya Dicabut

China Minta Pembatasan Diskriminatif Warganya Dicabut

Petugas keamanan mengarahkan pengunjung untuk memindai kode QR pelacak status kesehatan mereka sebelum memasuki pusat perbelanjaan, di tengah wabah COVID-19 di Beijing, China 25 Desember 2020. (ANTARA/REUTERS/Tingshu Wang/as)--

JAKARTA, FIN.CO.ID - China meminta beberapa negara mengubah perilaku dengan mengedepankan pendekatan berbasis sains dalam merespons pandemi COVID-19.

 

"Kami berharap beberapa negara itu mencabut pembatasan diskriminatif terhadap warga negara China secepatnya, dan bekerja sama dengan China dalam memulihkan perjalanan lintas-batas dan pertukaran antarmasyarakat," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Wang Wenbin di Beijing, Kamis 12 Januari 2023.

 

BACA JUGA:Politik Peru Makin Panas, Diduga Bandar Narkoba Biayai Demonstran

 

Pernyataan tersebut dilontarkan Beijing  menanggapi kekecewaan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida terhadap China yang menangguhkan penerbitan visa bagi warga Jepang.

 

"Sangat disesalkan bahwa China secara sepihak telah menerapkan pembatasan yang tampaknya tidak ada kaitannya dengan penanggulangan COVID," kata Kishida.

 

Menurut dia, Jepang telah melancarkan protes terhadap China melalui saluran diplomasi dan mendesak pencabutan kebijakan visa tersebut.

 

Menteri Luar Negeri Korea Selatan Park Jin juga menyayangkan keputusan China yang menangguhkan penerbitan visa jangka pendek terhadap warga Korsel.

 

BACA JUGA:Jerman Tetapkan China Sebagai 'Area Varian Virus Berbahaya' Imbau Warganya Tidak Melakukan Perjalanan

 

Jepang dan Korsel sebelumnya memberlakukan kewajiban menunjukkan hasil tes negatif PCR terhadap warga China sebelum ketibaan di dua negara tersebut.

 

China menganggap kebijakan tersebut diskriminatif sehingga perlu memberikan tindakan balasan dengan penangguhan penerbitan visa bagi warga kedua negara tersebut.

 

"Kami sudah memberikan keterangan yang jelas beberapa hari yang lalu mengenai posisi China," tegas Wang Wenbin dalam pengarahan pers, Kamis. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: