BMKG Mencatat Jayapura Telah Diguncang Gempa Susulan 170 Kali

BMKG Mencatat Jayapura Telah Diguncang Gempa Susulan 170 Kali

Gempa Jayapura--

JAKARTA, FIN.CO.ID- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG Jayapura mencatat terlah terjadi gempa susulan sebanyak 170 kali di Jayapura Papua, Rabu 3 Januari 2023.

Gempa susulan sebanyak 170 kali terhitung sejak gempa dengan magnitudo 4,9 pada Senin 2 Januari 2023 hingga Selasa 3 Januari pukul 19.30 WIT. 

Kepala Stasiun BMKG Jayapura, Herlambang Hudha mengatakan, hingga Selasa pukul 21:55:21 WIT kembali terjadi gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,2 yang dirasakan di Kota dan Kabupaten Jayapura. 

BACA JUGA:Gempa Magnitudo 4,9 Guncangkan Jayapura, BMKG: Sudah 54 Kali Gempa Susulan

Meski begitu, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. BMKG harapkan masyarakat tetap tenang dan tidak menambah kegaduhan dengan selalu mengupdate informasi dari situs resmi BMKG.  

Menurut Herlambang, berdasarkan data yang ada kondisi pola pasang surut air laut di kota Jayapura kini sedang menuju surut dengan puncak surut pada jam 22.00 WIT dengan ketinggian surut mencapai 0.2 meter sehingga dari data terpantau normal tidak ada kenaikan atau penurunan gelombang air laut yang signifikan.

“Berdasarkan data dari Badan Informasi Geospatial (BIG) terpantau aman tidak ada anomali atau tanda tanda tsunami untuk itu kepada masyarakat agar tidak panik apalagi sampai termakan berita bohong,” ujarnya.

BACA JUGA:Informasi BMKG: Cuaca Jakarta Hari Ini Cerah Berawan, Hujan Ringan Hingga Hujan Petir, Waspada!

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk mengikuti perkembangan terkait gempa bumi melalui kanal sosial media BMKG Papua, atau Instagram dan Twitter @InfoBMKGPapua, kemudian website BMKG (www.bmkg.go.id) dan aplikasi InfoBMKG.

"Kami berharap agar masyarakat tidak terpancing dengan informasi-informasi bohong dari sumber yang tidak kredibel serta selalu mengikuti arahan dari pihak berwenang,” katanya lagi. 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: