Program PIT dan KALAJU Jadi Prioritas Dirjen Perikanan Tangkap di Tahun 2023

Program PIT dan KALAJU Jadi Prioritas Dirjen Perikanan Tangkap di Tahun 2023

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan, Muhammad Zaini Hanafi (dok KKP)--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan Muhammad Zaini Hanafi menekankan fokus program kerja direktoratnya di tahun 2023, yakni program Penangkapan Ikan Terukur (PIT) dan program Kampung Nelayan Maju (KALAJU).

"Program utama kita di tahun 2023 ini yakni pertama PIT, kedua Kampung Nelayan. Saya akan fokus kesitu. Saya minta semua Direktorat yang ada di DJPT, untuk fokus tidak kemana mana. Semua program yang berkaitan dengan PIT dan Kampung Nelayan tidak ditunda-tunda lagi," kata Zaini saat menyampaikan arahan dalam kegiatan Refleksi Tahun 2022 dan Proyeksi Tahun 2023 di Gedung Mina Bahari III KKP, Selasa 3 Januari 2022. 

BACA JUGA:Raih Penghargaan Hakordia 2022, Dirjen Perikanan Tangkap Sukses Bangun Citra Positif KKP

BACA JUGA:Ingin Punya 2 Akun WA Untuk 1 HP? Buruan Download Saja GB WhatsApp Pro Versi Terbaru, Link Unduh Ada Disini

Pada tahun 2022 lalu, kata Zaini, banyak prestasi yang diraih oleh DJPT, diantaranya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Subsektor perikanan sebesar Rp1,26 triliun, meningkat 61 persen dari tahun sebelumnya.

Meskipun banyak prestasi, tetapi Zaini tetap mengajak seluruh ASN di DJPT tidak puas hati dan tetap untuk mengintrospeksi diri, apakah sudah berbuat untuk mensejahterakan Nelayan kita, apakah sudah program yang dirancang untuk nelayan kita.

"Tahun 2022 kita penuh dengan prestasi, tapi kita tidak boleh puas hati, harus kita perbaiki dan terus perbaiki kualitas kita. Capaian yang kita peroleh di tahun 2022 ini tidak berarti apapun kalau tidak mensejahterakan nelayan," jelas Zaini.


Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan, Muhammad Zaini Hanafi menyampaikan arahan dalam kegiatan Refleksi Tahun 2022 dan Proyeksi Tahun 2023 di Gedung Mina Bahari III KKP, Selasa 3 Januari 2022. (dok KKP)--

Zaini juga mengingatkan meskipun penyerapan 2022 sudah mencapai 98 persen, tetapi perlu diperhatikan apakah serapan anggaran ini sudah untuk mensejahterakan nelayan. 

BACA JUGA:Alhamdulillah, Nelayan Kalibaru Jakarta Utara Dapat Bantuan Mesin Kapal Perikanan dari KKP

BACA JUGA:Kesal Ada yang Kirim Pesan WA Tapi Dihapus? Pakai GB WhatsApp Apk Saja, Link Downloadnya Ada DISINI!

"Kita diberikan mandat oleh negara, tapi akan dipertanggungjawabkan kepada Allah SWT, apa manfaat buat nelayan. Ingat kemanapun kita pergi dua malaikat akan mengikuti kita," tegasnya.

Untuk itu, kata Zaini, ia mengajak semuanya mengubah pola pikir untuk ke arah yang lebih bermanfaat. 

"Bekerjalah dengan hati, serta kekompakan lebih dijaga lagi. Kalau tidak dijaga, maka celaka akan menghantui kita, karena ini adalah bekal untuk kita di tahun 2023," tuturnya. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: