Jelang Malam Tahun Baru, Usai Salat Jumat Kendaraan di Jalur Puncak Sudah Mulai Padat

Jelang Malam Tahun Baru, Usai Salat Jumat Kendaraan di Jalur Puncak Sudah Mulai Padat

Sejumlah kendaraan terpantau mengantre di Jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat.-Tuahta Simanjuntak-FIN

BOGOR, FIN.CO.ID - Jelang perayaaan malam Tahun Baru 2023, jalur Wisata Puncak Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sudah mulai padat pada Jumat, 30 Desember 2022 siang.

Jalur Puncak Bogor sudah mulai padat sejak pukul 13.15 WIB atau usai pelaksanaan ibadah salat Jumat.

Beberapa titik kemacetan berada di Simpang Gadog hingga Cimory Megamendung di jalur Jakarta menuju Puncak. Di Jalur Puncak menuju Jakarta kemacetan terjadi di KFC Cisarua, Pasar Cisarua hingga Taman Safari Indonesia (TSI), dan di Taman Wisata Matahari (TWM) hingga Cimory Megamendung.

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin di Pos Pelayanan Terpadu Gadog menyebutkan bahwa terjadi peningkatan sekitar 20 persen volume kendaraan yang mengarah ke Puncak Bogor jika dibandingkan hari biasa.

BACA JUGA:Catat Ya! Jalur Puncak Bogor Ditutup Selama Malam Tahun Baru 2023

BACA JUGA:Kabar Duka dari Jalur Puncak-Cianjur, 4 Orang Meninggal Diterjang Truk

Menurutnya, kepadatan kendaraan yang terjadi pada Jumat siang karena masyarakat yang merayakan Tahun Baru di Puncak lebih awal tiba sebelum jalur ditutup total dengan adanya "Car Free Night" (CFN) pada malam Tahun Baru 2023.

"Kami sudah menginformasikan dari awal untuk tanggal 31 Desember 2022 akan memberlakukan pembatasan, menyusul peningkatan kegiatan masyarakat di Jalur Puncak Bogor dengan adanya 'Car Free Night' pada malam Tahun Baru 2023," kata AKBP Iman.

Bahkan, kata dia,  pihaknya akan memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa sistem ganjil genap kendaraan pada Jumat pukul 15.00 WIB hingga Minggu, 1 Januari 2023 pukul 24.00 WIB.

Iman menyebutkan bahwa sebanyak 2.500 personel gabungan dilibatkan untuk pengamanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 di Kabupaten Bogor.

BACA JUGA:Begini Cerita Jalur Puncak dan Gekbrong Dikenal Sebagai 'Jalur Tengkorak' Cianjur

BACA JUGA:Jalur Puncak Macet Parah, Antrean Kendaraan Mencapai 15 Km, Hingga di Depan Istana Cipanas

"Operasi Lilin 2022 dilakukan dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023 mulai dari 22 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023," kata Iman.

Ia mengatakan forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) sepakat akan menempatkan 2.500 personel tersebut di 15 posko pengamanan yang lokasinya di pusat-pusat keramaian.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: