Warga Kota Tangerang Dilarang Bakar Petasan Saat Merayakan Tahun Baru, Kembang Api Boleh, Tapi....

Warga Kota Tangerang Dilarang Bakar Petasan Saat Merayakan Tahun Baru, Kembang Api Boleh, Tapi....

Kasatpol PP Kota Tangerang Wawan Fauzi-Rikhi Ferdian untuk FIN.CO.ID-

TANGERANG, FIN.CO.ID -- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang secara tegas masyarakat membakar petasan pada pesta pergantian tahun atau malam Tahun Baru 2023.

Larangan penggunaan petasan di malam tahun baru ini menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Mendagri Nomor: 400.10/8922/SJ. Pertanggal 20 Desember 2022, tentang peningkatan kesiapsiagaan Pemerintah Daerah pada Saat Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. 

BACA JUGA:Cek Update Harga BBM Se-Indonesia Sebelum Pergantian Tahun, Agar Liburan Makin Tenang!

Kasatpol PP Kota Tangerang Wawan Fauzi mengungkapkan, meski penggunaan petasan dilarang, masyarakat tetap diperbolehkan menyalakan bunga api atau kembang api di perayaan malam tahun baru. 

"Tertuang pada poin 10 adanya larangan penggunaan petasan dalam perayaan yang dapat berpotensi terjadinya ledakan, kebakaran dengan korban manusia atau barang," kata Wawan, Senin 26 Desember 2022.

Atas aturan ini, lanjut dia, Satpol PP beserta jajaran lainnya seperti Polres Metro Tangerang Kota dipastikan akan melakukan imbauan dan pengawasan atas pelarangan penggunaan petasan ini. 

Dia pun menyatakan, lewat aturan ini seluruh masyarakat Kota Tangerang diminta untuk ikut menjaga keamanan dalam ketertiban umum. 

BACA JUGA:Berapa Harga BBM Terbaru Hari Ini? Berikut Daftar Harga BBM Pertamina di 36 Provinsi

Hal itu bisa dilakukan melalui koordinasi dengan semua unsur jajaran Pemkot Tangerang, hingga RT/RW dan TNI-POLRI, untuk terciptanya keamanan lingkungan. 

"Dengan tidak menggunakan dan menyalakan petasan pada saat perayaan Tahun Baru 2023," ujarnya. 

"Petugas akan berupaya melakukan tindakan persuasif, namun tak segan melakukan tindakan penyitaan pada mereka yang melanggar," sambungnya. 

Walau demikian, dijelaskan Wawan, penggunaan kembang api juga harus mendapatkan izin dan diawasi oleh Polisi.

BACA JUGA:Mau Edit Foto Jadi Avatar Gratisan, Buruan Unduh Lensa AI Mod Apk Download Premium Unlocked All DISINI!

Hal itu, dilakukan untuk menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat. Proses perizinan diperlukan karena menyangkut keamanan, juga keselamatan bagi masyarakat lainnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: