Natal X'Mas

Natal X'Mas

--

Drg Irawan ternyata lagi dalam perjalanan ke Jordania. Butce lagi cruise ke Meksiko. Malam Natal dirayakannya di kapal pesiar. Ia berpakaian adat salah satu suku Indonesia. Begitulah kebiasaannya setiap menghadiri perayaan apa pun. Termasuk perayaan HUT Amerika.

John tidak ke mana-mana. Amerika Timur dan Tengah  lagi dilanda badai salju yang berat. Sehari sebelum Natal saja lebih 4,600 penerbangan dibatalkan. Dan 6,400 lainnya ditunda. 

Salah satu penerbangan itu balik ke bandara Philadelphia. Kena petir. Padahal tujuannya adalah Cancun, Meksiko. Puji Tuhan, pendaratan darurat itu sukses. Tidak ada satu pun korban jiwa. Betapa kacaunya keadaan bandara-bandara di Amerika. Bisa jadi mereka akhirnya  merayakan Natal di bandara. Atau di jalan raya. Terjebak salju.

Sehari sebelum Natal itu, John pilih bikin roti. Ia ingin antarkan roti itu ke tiga orang tetangga terdekatnya. Sang tetangga mungkin juga akan kirim makanan ke rumah John. Begitulah kebiasaan di Kansas.

Setelah bikin roti John nonton sepak bola Amerika. Kebetulan Kansas City Chiefs menang. Pertandingan itu berlangsung pada suhu minus 7 derajat celsius. Bahkan karena kecepatan angin 15 km/jam rasanya seperti minus 17 derajat. Kansas memang sangat dingin di musim dingin. Apalagi tahun ini.

Di malam Natal kemarin John  tidak ke gereja. Ia bersama Chris (istri yang sekarang) berkunjung ke rumah istri John yang pertama dulu. Khusus untuk mengucapkan duka cita. Suami ketiga mantan istri John itu meninggal dunia pekan lalu.

Lalu di hari pertama Natal ini, John dan Chris ke rumah anak-anak Chris dengan suami pertamanya dulu. Chris punya tiga cucu di situ. Acara di rumah anak-anak itu adalah: ''pesta'' membuka hadiah Natal. Dan makan-makan.

Tidak hanya pernik-pernik. 

Di Amerika  Natal tahun ini juga ditandai dengan kampanye anti istilah X'mas.

Setidaknya dua teman Amerika mengirimkan dua WA yang sama: kembalikan X'mas ke Christmas.

Tahun-tahun belakangan istilah X'mas memang populer. Itu dipakai sebagai pengganti Christmas. 

Dari mana datangnya istilah X'mas itu? 

"Itu dilakukan oleh orang-orang yang tidak percaya Tuhan dan tidak percaya agama," tulis kampanye itu. "Maka jangan pakai ucapan X'mas. Kembalilah pakai Christmas," tambahnya.

Maka sejarah lahirnya istilah Christmas pun diuraikan. "Christ dalam bahasa Hebrew berarti Yang Terpilih. Mas dalam bahasa Yunani berarti Pesta Besar Banyak Manusia".

Maka Christmas berarti berkumpulnya banyak pengikut Kristus.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber:

Berita Terkait

Air Amran

5 hari

Air Emas

6 hari

Alvin Hotman

1 minggu

Sopir Salim

1 minggu