H-7 Libur Hari Raya Natal 2022, Ratusan Ribu Kendaraan Mulai Tinggalkan Jabodetabek

H-7 Libur Hari Raya Natal 2022, Ratusan Ribu Kendaraan Mulai Tinggalkan Jabodetabek

Ratusan kendaraan mulai tinggalkan wilayah Jabodetabek.--

BEKASI, FIN.CO.ID - Ratusan ribu kendaraan muai meninggalkan wilayah Jakarta, Bogor, Tengerang dan Bekasi (Jabotabek) mulai H-7 Hari Raya Natal 2022.

Menurut informasi yang fin.co.id dapat, sebanyak 137 ribu kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek ke arah Trans Jawa dan Bandung.

BACA JUGA:Pemkab Bekasi Izinkan Konser Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Tapi dengan Syarat Ketat

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana mengatakan, seluruh kendaraan meninggalkan Jabotabek melalui empat gerbang tol (GT) utama.

Tercatat GT yang mulai dipadati pengguna jalan diantaranya GT Cikupa arah Merak, GT Ciawi arah Puncak, GT Cikampek Utama arah Trans Jawa dan GT Kalihurip Utama ke arah Bandung.

"Total volume kendaraan yang meninggalkan Jabotabek naik 6% dibandingkan saat normal periode Juni 2022 dengan total 129.455 kendaraan," kata Lisye Octaviana, Senin 19 Desember 2022.

Secara keseluruhan, mayoritas kendaraan meninggalkan Jabodetabek menuju ke arah timur dengan total 66.886 kendaraan atau sebesar 49,5 persen dari keseluruhan.

BACA JUGA:3 Wilayah Ini Harus Diwaspadai saat Liburan Akhir Tahun

"Untuk yang menuju barat atau merak 39.100 kendaraan atau 28,5 persen, sedangkan yang menuju arah Selatan atau Puncak sebanyak 30.132 kendaraan sekitar 22 persen," ungkapnya.

Guna mengantisipasi peningkatan volume lalu lintas, Jasa Marga Bekerjasama dengan Kepolisian dan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan untuk mempersiapkan rekayasa lalu lintas apabila dibutuhkan.

"Para pengendara diimbau untuk memastikan kendaraan dalam keadaan prima pada saat perjalanan natal dan juga tahun baru," ucapnya.

Selain itu, seluruh pengendara wajib mematuhi rambu lalu lintas dan memastikan Bahan Bakar Minyak (BBM) serta Saldo Uang Elektronik terisi dengan penuh.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: