Bukan Cuma Juara Piala Dunia 2022, Argentina Raih Catatan Manis yang Hanya Pernah Didapatkan 3 Negara Ini

Bukan Cuma Juara Piala Dunia 2022, Argentina Raih Catatan Manis yang Hanya Pernah Didapatkan 3 Negara Ini

Kapten Argentina Lionel Messi (tengah) memegang trofi Piala Dunia 2022 didampingi rekan-rekannya, Minggu, 18 Desember 2022.-Twitter/@FIFAWorldCup-

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Piala Dunia 2022 Qatar telah berakhir dan Argentina berhasil meraih gelar juara dunia, usai mengalahkan Prancis dalam drama adu penalti di Lusail Stadium, Minggu 18 Desember 2022. 

Pertandingan Final Piala Dunia 2022 Qatar benar-benar dramatis, kedua tim tampil gemilang dan saling berbalas serangan. 

BACA JUGA:Piala Dunia 2022: Didier Deschamps Ucap Komentar Mengejutkan Gagal Bawa Prancis Juara

Bahkan, 90 menit pertandingan saja belum cukup sehingga harus berlanjut ke babak extra time hingga babak tos-tosan adu penalti. 

Kedua tim bermain imbang 3-3 selama 120 menit, sebelum akhirnya Tim Tango akhirnya unggul 4-2 dalam babak tos-tosan.

Gelar juara dunia kali ini menjadi yang ketiga kalinya bagi Argentina sepanjang sejarah Piala Dunia. Sebelumnya, mereka meraihnya saat menjadi tuan rumah pada 1978 serta di era Diego Armando Maradona pada 1986. Artinya, mereka menuntaskan puasa 36 tahun.

Ada catatan manis lain dari kemenangan Argentina kali ini, mengingat Argentina juga memenangi Copa America pada 2021 lalu, sekaligus memutus dahaga gelar selama 28 tahun. 

BACA JUGA:Messi Angkat Piala Dunia 2022, Perdebatan Tentang Siapa GOAT Berakhir? Simak Ulasan Berikut

Lionel Messi cs kini telah sukses mengawinkan dua gelar tersebut di bawah asuhan Scaloni.

Catatan manis lainnya yaitu keberhasilan Argentina memenangi dua trofi tersebut. Lionel Messi cs meraihnya dengan mengalahkan juara bertahan di partai final. 

Hal ini sama ketika mereka memenangi Copa America 2021. Argentina juara usai mengalahkan Brasil, juara bertahan edisi sebelumnya, dengan skor 1-0.

Hal serupa kembali terulang di Piala Dunia 2022. Prancis, sang juara pada 2018, sukses mereka tekuk lewat adu penalti. Sepanjang 120 menit, Argentina juga tak pernah ketinggalan.

BACA JUGA:Menangkan Piala Dunia 2022, Messi Mengaku Belum Mau Pensiun dari Timnas Argentina

Argentina mengikuti jejak Brasil yang pernah mengawinkan Copa America dan Piala Dunia. Bedanya, Brasil meraih gelar Piala Dunia lebih dulu pada 2002, lalu memenangi Copa America dua tahun berselang.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: