Dua Orang Ditetapkan Tersangka Kasus Tambang Ilegal di Kalimantan Timur

Dua Orang Ditetapkan Tersangka Kasus Tambang Ilegal di Kalimantan Timur

Tambang nikel (net) --

JAKARTA, FIN.CO.ID - Polisi menetapkan dua orang tersangka kasus tambang ilegal di Kalimantan Timur (Kaltim). 

Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Kaltim menetapkan dua orang sebagai tersangka dalam kasus pertambangan ilegal yang terjadi di wilayah setempat.

BACA JUGA:Kapolda Kalsel Andi Rian: Tak Ada Ruang untuk Tambang Ilegal di Kalimantan Selatan

"Dari aduan warga melalui hotline Polda Kaltim terkait aktivitas tambang ilegal, petugas kami berhasil mengamankan 14 orang dan dua orang di antaranya sudah ditetapkan sebagai tersangka," ucap Direktur Krimsus Polda Kaltim Kombes Pol Indra Lutrianto Amstono di Balikpapan, Rabu 14 Desember 2022.

Dikatakannya, dua orang yang diterapkan sebagai tersangka adalah YP selaku pengawas dan DA selaku pemilik modal.

Kedua tersangka yang merupakan warga Samarinda itu langsung ditahan di Rumah Tahanan Polda Kaltim untuk menjalani proses hukum.

"Mereka diduga melakukan penambangan pada lahan seluas lima hektare dan tidak memilik izin," ucap Dirkrimsus Polda Kaltim.

BACA JUGA:Kasus Tambang Ilegal di Kaltim Seret Kabareskrim, KPK Bakal Periksa

Petugas juga melakukan penyitaan barang bukti hasil kejahatan kedua tersangka, di antaranya tiga ekskavator, tiga dozer, enam dump truck, 5.000 metrik ton tumpukan batu bara, 1.000 metrik ton tumpukan batu bara di tempat lain, dan 1.000 metrik ton batu bara sudah dimuat di kapal tongkang.

Kombes Indra menambahkan, barang bukti dari kasus pertambangan ilegal ini nantinya bakal dilelang untuk membantu pemasukan keuangan negara.

Dalam tiga bulan terakhir Polda Kaltim melakukan penegakan hukum terhadap aktivitas pertambangan ilegal di wilayah IKN (Penajam Paser Utara), Jonggon (Kutai Kartanegara), dan di Kabupaten Berau.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: