12 Calon Inkubator LPDB-KUMKM Beradu Program di Nusantara Festival dan UMKM 2022

12 Calon Inkubator LPDB-KUMKM Beradu Program di Nusantara Festival dan UMKM 2022

Direktur Umum dan Hukum LPDB KUMKM, Oetje Koesoema Prasetia saat memberikan sambutan di di Convention Hall Smesco, Jakarta Selatan, Kamis, 8 Desember 2022. (dok. LPDB-KUMKM)--

JAKARTA, FIN.CO,ID -- Sebanyak 12 calon inkubator Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) beradu program, dalam seleksi calon inkubator program dana bergulir dari pemerintah untuk tahun 2023. 

Tim Seleksi Supervisi LPDB-KUMKM Indera Marwan Bayu Wicaksono menjelaskan, 12 calon inkubator LPDB-KUMKM hari ini menjalani proses seleksi dengan cara memaparkan rencana program mereka untuk menginkubasi unit-unit Koperasi yang menjadi target utama program dana bergulir LPDB-KUMKM tahun depan. 

BACA JUGA:LPDB-KUMKM Pastikan Langkah Relaksasi Bagi Koperasi Terdampak Gempa Cianjur

BACA JUGA:Bidik Potensi Sektor Riil, LPDB-KUMKM Dampingi KSP Balo' Toraja Garap Komoditi Vanili dan Kopi

Indera mengungkapkan, 12 calon inkubator yang menjalani seleksi hari ini, bagian dari total 43 calon inkubator yang mendaftar seleksi awal. 

"Untuk tahun ini LPDB rencananya membuka kembali untuk bermitra dengan inkubator-inkubator seluruh Indonesia. Jadi tahapan inkubasi ini sudah berjalan kira-kira selama 2 bulan. Dari kurang lebih 43 pendaftar, kita seleksi, kemudian yang lolos seleksi administrasi itu ada 23 inkubator yang lolos administrasi. Dari 23 inkubator yang lolos seleksi administrasi itu juga sudah kita kunjungi, baik yang tersebar di Indonesia dari Aceh sampai Papua, itu akhirnya sekarang yang dipanggil untuk wawancara hari ini ada 12 inkubator," jelas Indera menjawab pertanyaan fin.co.id, di sela-sela agenda Nusantara Festival Koperasi dan UMKM 2022, di Gedung Smesco Jakarta, Kamis 8 Desember 2022. 


Tim Seleksi Supervisi LPDB-KUMKM Indera Marwan Bayu Wicaksono -Nurman Amrizal / FIN-

Diketahui, Kementerian Koperasi  dan Usaha Kecil Menengah berkolaborasi dengan LPDB-KUMKM menggelar Nusantara Festival Koperasi dan UMKM Tahun 2022 di Gedung Smesco Jakarta mulai dari 7-9 Desember 2022.

Festival ini merupakan ajang unjuk gigi para Koperasi, UMKM, dan juga Lembaga Inkubator bersama para investor, buyer potensial guna menjalin kerja sama bisnis, mendapatkan pembiayaan investor, hingga akses permodalan dan pendampingan.

BACA JUGA:Terapkan Prinsip GRC, LPDB-KUMKM Jaga Kinerja Positif

BACA JUGA:Perkuat Mitigasi Risiko, LPDB-KUMKM Tingkatkan Sinergi dan Kolaborasi Dengan 16 Lembaga Penjaminan

Selain itu, ajang ini juga menjadi gelaran tahunan untuk memberikan literasi dan edukasi kepada masyarakat tentang kebijakan pemerintah dalam membangun ekosistem Koperasi dan UMKM sekaligus sebagai perwujudan komitmen Kementerian Koperasi dan UKM dalam implementasi UU Cipta Kerja.

" Dari 12 inkubator ini salah satu yang menjadi fokus utama yaitu inkubator yang bisa menginkubasi Koperasi," tutur Indera. 

Menurut Indera, hal itu akan membedakan antara seleksi tahun ini dengan tahun 2023. Di mana selama ini calon inkubator hanya fokus pada UMKM saja, maka untuk tahun 2023, diharapkan bisa juga menginkubasi Koperasi. 

"Di tahun 2023 ini kita lebih tekankan mereka untuk bisa 50 persen paling tidak tenant-tenant itu koperasi. Tujuannya kedepan Koperasi Indonesia itu bisa sejajar dengan start up, sejajar dengan UMKM-UMKM yang dari sisi administrasi, dari sisi pengelola dan pengurusnya sudah berjiwa muda. jadi kita transisi dari koperasi lama menuju koperasi baru," ungkapnya. 

Sumber: