Apple Daftarkan Paten untuk xrOS, Sistem Operasi Perangkat ARVR

Apple Daftarkan Paten untuk xrOS, Sistem Operasi Perangkat ARVR

Apple Daftarkan Paten untuk xrOS, Ilustrsi dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Apple daftarkan paten untuk xrOS, sistem operasi perangkat ARVR milik Apple, demikian seperti dilansir GSM Arena.

Kabar Apple daftarkan paten untuk xrOS pertama kali dilaporkan oleh jurnalis Bloomberg Mark Gurman.

Menurut laporan Mark Gurman itu, info Apple dafarkan paten untuk xrOS ini menunjukkan perilisan produk XR Apple semakin dekat.

"XR" merupakan singkatan dari eXtended Reality, istilah yang diterapkan pada perangkat yang mampu menggabungkan fungsi VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality) atau disebut ARVR.

VR saat ini digunakan untuk menampilkan visual di dunia maya dengan lebih nyata, sementara AR dikenal menampilkan gambaran dari dunia maya ke dunia nyata terasa lebih dekat.

Hal ini menjelaskan kabar Apple daftarkan paten untuk xrOS.

Kehadiran perangkat ARVR Apple ini erat kaitannya dengan pengembangan metaverse, yang semakin dikenal sejak Facebook mengubah namanya menjadi Meta.

Saat ini sebagai perbandingan di industri Metaverse, sudah ada headset seperti Meta Quest 2 besutan Meta yang mampu menghadirkan kolaborasi fungsi VR dengan sedikit AR.

Pesaing di industri lainnya seperti Google dengan Google Glass dan Microsoft dengan HoloLens masih berfokus pada perangkat khusus AR.

Jika berhasil, maka Apple akan menjadi kompetitor baru untuk pengembangan metaverse secara global.

Dalam laporan Mark Gurman lainnya, ia mengungkapkan nantinya headset XR Apple itu akan memiliki toko aplikasi serta aplikasi bawaannya sendiri.

Adapun terkait nama produk, beberapa bulan lalu sempat dirumorkan Apple mendaftarkan produk XR-nya dengan nama Reality One dan Reality Pro.

Belum jelas apakah nama itu akan berubah atau tidak dengan adanya langkah mendaftarkan paten.

Sumber: