Visi Erick Thohir Majukan Olahraga Basket Nasional Lewat Klub Miliknya, Satria Muda

Visi Erick Thohir Majukan Olahraga Basket Nasional Lewat Klub Miliknya, Satria Muda

Erick Thohir pemilik klub Satria Muda Pertamina (dok Ist)--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Erick Thohir, selaku pemilik klub basket Satria Muda berkomitmen untuk mendorong olahraga basket nasional bergerak meraih prestasi dunia. 

Hal itu disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir, yang juga pemilik dari klub basket Satria Muda, dalam agenda selebrasi juara sekaligus reuni tim Satria Muda pada Sabtu 3 Desember 2022 lalu. 

BACA JUGA:IBL 2022, Pertamina Dukung Tim Basket Satria Muda Pertamina Jadi yang Terbaik

BACA JUGA:Hasil Semifinal IBL 2021: Satria Muda Kesulitan Hadapi West Bandits

Diketahui, Erick Thohir membangun Satria Muda sejak akhir 1990-an. Sebelum diambil alih Erick, Satria Muda adalah tim peringkat terbawah dan kini tim itu adalah berubah menjadi tim terbaik dalam sejarah bola basket Indonesia.

Erick Thohir menjelaskan rahasia di balik usahanya membangun Satria Muda. Menurutnya, misi utamanya adalah membentuk karakter dan jiwa petarung. 

Sejak awal Erick Thohir ingin Satria Muda sesuai dengan namanya untuk membentuk anak-anak muda memiliki jiwa pemenang layaknya kesatria. 

"Satria Muda tak hanya sekadar prestasi tapi usaha kita membangun karakter sebuah bangsa, karakter generasi muda yang semakin baik. Apalagi kita di era kompetisi yang sangat tinggi hari ini," ujar Erick dalam keterangannya, dikutip Senin 5 Desember 2022. 

BACA JUGA:Diminta Maju dalam Bursa Calon Ketua Umum PSSI, Erick Thohir: Kalau Didukung, Kita Pikirkan

BACA JUGA:Bertemu Erick Thohir di KTT G20 Bali, Pakar: Kehadiran IOC dan FIFA Bentuk Dukungan Dunia Pada Indonesia

Erick yakin dengan jiwa pemenang, anak muda Indonesia akan mampu bersaing dengan negara manapun. Dengan membentuk karakter yang tangguh, Satria Muda bangkit dari tim juru kunci yang tak pernah memenangkan gelar juara, menjadi tim peraih 12 gelar juara nasional. Ke-12 gelar itu diraih sejak Erick mengambil alih tim. 

Erick optimistis mental juara ini pula yang bisa membawa Indonesia memenangkan persaingan dengan negara lain. Sebagai contoh, keberhasilan tim basket Indonesia memupus dominasi tim basket Filipina pada ajang Sea Games. 

Padahal Filipina punya tim basket kelas dunia dan telah lebih dari 30 tahun mendominasi bola basket Asia Tenggara. Dengan mayoritas pemain Satria Muda, timnas Indonesia pun mampu menekuk Filipina pada Sea Games 2022 lalu. 

"Dalam olahraga yang terpenting itu karakter. Kita lihat Korea di ajang piala dunia sepakbola kemarin, di last minute bisa lolos itu karena karakter fighting spiritnya. Begitu juga Jepang. Ini yang mesti kita tiru," ujar Erick.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: