Pernikahan Kaesang dan Erina, 2 Ribu Lebih Polisi Dikerahkan

Pernikahan Kaesang dan Erina, 2 Ribu Lebih Polisi Dikerahkan

Undangan pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono beredar luas di media sosial (Instagram)--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Acara pernikahan dan ngunduh mantu putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, akan dijaga oleh 2 ribu lebih aparat kepolisian.

Total ada 2.188 personel dikerahkan Polda Jawa Tengah dalam pengamanan acara pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, di Pura Mangkunegaran Surakarta, Jawa Tengah, pada 11 Desember 2022.

“Jadi untuk Soloraya memang melakukan kegiatan preentif prefentif menjelang pelaksanaan pernikahan Kaesang- Erina. Aparat keamanan melakukan kegiatan kepolisian yang ditingkatkan (KKYD) di Soloraya mulai dari Sragen, Karanganyar, Boyolali, Sukoharjo, Klaten dan Wonogiri,” kata Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi usai rapat analisis dan evaluasi (Anev) terkait pengamanan tamu persiapan acara pernikahan Kaesang-Erina, Sabtu, 3 Desember 2022.

Dijelaskannya, Polda Jateng juga melakukan kegiatan Tactical Floor Game (TFG), yaitu simulai pengamanan perencanaan jalur mulai dari kedatangan tamu, menginap di hotel hingga pergerakan tamu sampai ke lokasi resepsi Pura Mangkunegaran.

BACA JUGA:Cegah Pemalsuan, Undangan Pernikahan Kaesang dan Erina Gudono Pakai Barcode

“Termasuk pola-pola pengamanan beberapa jalur nanti akan dijadikan objek one gate system atau sistem pengamanan yang hanya memiliki satu pintu utama. Jadi tidak ada wilayah Pura Mangkunegaran yang sebagai ring satu ada jalur yang kroscek,” katanya.

Diungkapkannya, sesuai rencana, mulai Senin, 5 Desember 2022 atau H-5 acara, Polda Jateng bakal melakukan sosialisasi terkait dengan pengalihan arus yang tidak mengganggu aktivitas masyarakat di wilayah Solo.

“Dirlantas Polda Jateng dan Kapolres akan melakukan sosialisasi. Pada prinsipnya jajaran Polresta Surakarta yang dibeck up oleh Polda Jateng sudah disiapkan termasuk rencana kontidensi seperti dari keterlibatan personel, ploting anggota, pengalihan arus dan tempat parkir sudah disiapkan,” katanya.

Kedatangan tamu diperkirakan sebanyak 6.000 orang termasuk dari bandara dan yang sudah di hotel. Sesuai kebijakan hasil rapat ada tamu yang disiapkan dengan bus di masing-masing penginapan. 

BACA JUGA:Persiapan Pernikahan, Undangan Kaesang Pangarep Belum Dicetak Tapi Nongol di Media Sosial

Ada tamu yang dibawa langsung masuk ke Mangkunegaran.

Selain itu yang disiapkan parkir di Benteng Vastemburg dan Stadion Manahan, kemudian dibawa dengan bus ke Pura Mangkunegaran.

Jumlah bus yang disiapkan sekitar 220 unit untuk mengantar para tamu ke Mangkunegaran.

Sementara Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menyebut 2.188 personel kepolisian akan dibagi menjadi 5 satuan tugas. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: