Link Cek Bantuan Set Top Box Gratis Kominfo, Biar Bisa Nonton Siaran TV Digital

Link Cek Bantuan Set Top Box Gratis Kominfo, Biar Bisa Nonton Siaran TV Digital

Ilustrasi Set Top Box.--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Mau cari tahu apakah Anda salah satu penerima bantuan set top box gratis dari Kemkominfo simak penjelasan berikut. 

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyediakan situs resmi supaya masyarakat bisa mengecek bantuan set top box gratis dari pemerintah. 

Apakah mereka mendapatkan bantuan set top box kominfo untuk menonton siaran televisi terestrial digital.

BACA JUGA:Keras! DPR Soroti Kasus Mayor Inf Bagas Firmasiaga Perkosa Prajurit Wanita Kostrad: Pecat Dengan Tidak Hormat

Direktur Penyiaran Kementerian Kominfo Geryantika Kurnia mengatakan, situs untuk mengecek subsidi set top box cekbantuanstb.kominfo.go.id untuk saat ini bisa digunakan oleh masyarakat yang tinggal di wilayah yang terdampak analog switch off (ASO) 2 Desember.

"Sementara yang diaktifkan data rumah tangga miskin di wilayah ASO, yang rencana pelaksanannya disepakati oleh (stasiun) TV (swasta) tanggal 2 Desember pukul 24.00," kata Geryantika, dilansir Minggu 4 Desember 2022. 

ASO pada Jumat dilakukan di wilayah Bandung dan sekitarnya, Yogyakarta dan Solo serta sekitarnya, Semarang dan sekitarnya dan Batam dan sekitarnya.

Masyarakat bisa mencari namanya dengan memasukkan nomor induk kependudukan (NIK) pada kolom pencarian di situs resmi dari Kementerian Kominfo itu. 

BACA JUGA:Eks Kasum TNI Beri Komentar Serius Soal Aksi Bejat Mayor Inf Bagas Firmasiaga Perkosa Prajurit Wanita Kostrad

Jika terdaftar sebagai penerima bantuan set top box, masyarakat bisa menghubungi pusat bantuan (call center) 159.

Subsidi berupa set top box diberikan kepada rumah tangga miskin yang memenuhi syarat, satu rumah tangga mendapatkan satu unit set top box. 

Subsidi itu berasal dari lembaga penyiaran yang menjadi penyelenggara multipleksing siaran digital dan pemerintah, masing-masing memberikan sekitar 4,3 juta dan 1,3 juta unit.

Data terkini dari Kementerian Kominfo untuk distribusi set top box di wilayah yang melakukan ASO 2 Desember, realisasi distribusi di Jawa Barat sudah mencapai 99,42 persen baik bantuan dari pemerintah maupun penyelenggara multipleksing.

BACA JUGA:Cinta Pengkhianat

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: