Hari Disabilitas Internasional Dicetuskan pada 1992, Ini Tujuannya

Hari Disabilitas Internasional Dicetuskan pada 1992, Ini Tujuannya

Ilustrasi disabilitas. (disway)--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Hari Disabilitas Internasional atau International Day of People with Disabilities diperingati setiap tangga 3 Desember.

Tujuan dari memperingati Hari Disabilitas Internasional untuk dukungan dan melindungi para penyandang disabilitas di seluruh dunia.

Pada tahun 2022, Hari Disabilitas Internasional 2022 mengangkat tema 'Transformative solutions for inclusive development: the role of innovation in fuelling an accessible and equitable world'.

BACA JUGA:UNIQLO Hadirkan Tiga Desain Baru untuk Koleksi T-shirt Amal

Yakni, sebuah tema yang fokus pada penegakan hak asasi manusia, pembangunan berkelanjutan, serta perdamaian dan keamanan bagi penyandang disabilitas.

Peringatan Hari Disabilitas Internasional ini juga sebagai komitmen untuk mewujudkan hak dan keadilan bagi penyandang disabilitas di seluruh dunia.

Sejarah Hari Disabilitas Internasional

Pada tahun 1992, pertama kalinya dicetuskan Hari Disabilitas Internasional melalui Resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

BACA JUGA:Posisi Strategis Indonesia sebagai Global Middle Power

Peringatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan masalah yang dihadapi penyandang disabilitas dalam setiap aspek kehidupan baik politik, sosial, ekonomi dan budaya di semua negara di dunia.

Konvensi Hak Penyandang Disabilitas atau Convention on the Rights of Persons with Disabilities (CRPD) diadopsi pada 2006.

Tujuan utama CRDP adalah meningkatkan partisipasi penyandang disabilitas dalam masyarakat, mengakhiri diskriminasi, dan menciptakan kesempatan yang sama untuk mereka.

Di Jakarta, Jumat, 4 November 2022, Pemprov DKI Jakarta meluncurkan Rumah Digital untuk Disabilitas di Rumah Digital Untuk Indonesia, Jalan Teluk Betung, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

BACA JUGA:Cek Harga Set Top Box, Pastikan Terverifikasi Kominfo

Sumber: