4 Ribu Pelajar SMK-SMA Akan Ikuti Deklarasi Pelajar Anti Tawuran yang Digagas Polres Metro Bekasi Kota

4 Ribu Pelajar SMK-SMA Akan Ikuti Deklarasi Pelajar Anti Tawuran yang Digagas Polres Metro Bekasi Kota

Wakapolres Metro Bekasi Kota AKBP Rama Samtama Putra-Tuahta Simanjuntak-fin.co.id

BEKASI, FIN.CO.ID - Polres Metro Bekasi Kota menggagas Deklarasi Pelajar Anti Tawuran.

Hal ini dilakukan untuk mencegah aksi tawuran antarpelajar yang sudah sangat meresahkan.

Wakapolres Metro Bekasi Kota, AKBP Rama Samtama Putra mengungkapkan, pihaknya telah melakukan rapat beberapa kali dengan pihak terkait.

"Deklarasi itu kita sudah rapat dua kali, nanti diselenggarakan hari rabu minggu depan," ungkap AKBP Rama Samtama Putra saat ditemui, Rabu 30 November 2022.

Menurutnya rapat Deklarasi Pelajar Anti Tawuran diikuti oleh jajaran Polres, Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD), Dinas Pendidikan Kota Bekasi dan pihak terkait lainnya.

BACA JUGA:Catat Ini Daerah Rawan Kejahatan di Kota Bekasi, Termasuk Wilayah Rawan Tawuran Remaja

Nantinya puluhan remaja yang masih aktif sebagai pelajar, akan dikirim oleh sekolahnya masing masing untuk mendeklarasikan Anti Tawuran.

"Kemarin kita sepakati bahwa siswa yang dikirim, adalah pelajar yang ada catatan di sekolah, tapi kita tidak berharap ada siswa yang dimaksud kita berharap semuanya baik," ucapnya.

AKBP Rama Samtama Putra menjelaskan, sebanyak 15 sampai dengan 20 murid akan dikirim guna mewakilkan masing masing sekolahan.

"Nanti sistemnya akan ada penandatanganan dari pelajar dan di ikrarkan, kita angkat mereka jadi duta anti tawuran," jelasnya.

BACA JUGA:Bersenjata Celurit Puluhan Remaja di Kabupaten Bekasi Ditangkap, Ternyata Mereka Usai Tawuran

Para pelajar yang menjadi duta anti tawuran, akan diberikan tugas oleh Polres Metro Bekasi Kota menjadi agen perubahan di sekolahnya.

"Mereka nanti akan jadi agent of change, mengajak teman temanya di sekolah untuk menghindari aksi tawuran," terangnya.

Rencananya sebanyak 4.000 pelajar dari 261 SMA dan SMK Negeri maupun Swasta di Kota Bekasi, akan berkumpul di Stadion Patriot Candrabhaga menjadi Duta Anti Tawuran.

Sumber: