Sepekan Menakutkan, Cianjur Diguncang 285 Gempa Susulan

Sepekan Menakutkan, Cianjur Diguncang 285 Gempa Susulan

Gempa, Image oleh Tumis dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Selama sepekan paska gempa magnitudo 5.6, suasana di Cianjur menakutkan. Sebab selama sepekan ini terjadi ratusan gempa susulan di Cianjur, Jawa Barat.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) ada 285 gempa susulan di Cianjur, selama 7 hari terakhir.

Koordinator Peringatan Dini Gempa Bumi BMKG, Sigit mengatakan 285 kali gempa susulan terjadi di Kabupaten Cianjur, hingga Minggu, 27 November 2022.

Ratusan gempa susulan tersebut terjadi usai gempa utama pada 21 November 2022.

BACA JUGA:Gempa Susulan di Cianjur Masih Berlangsung, Terkini Berkekuatan Magnitudo 2,2

"Untuk saat ini dari kumulatif mainshock atau gempa utama sampai dengan aftershock atau gempa susulannya saat ini sudah tercatat 285 event tetapi secara statistik 34 persen itu di hari pertama jadi memang hari pertama ini berkontribusi cukup besar sedangkan saat ini sudah jauh menurun ," katanya, Minggu, 27 November 2022.

Dari pengamatan BMKG, sejak pukul 00.00 WIB hingga 16.00 WIB pada Minggu, tercatat 15 kali gempa susulan dengan dua kali gempa dirasakan. Hingga saat ini, tren kegempaan menurun.

Ia menuturkan BMKG saat ini tetap melakukan pengukuran di lokasi-lokasi kerusakan untuk bisa menilai korelasinya dengan dampak kerusakan akibat dari kegempaan yang diterima di wilayah tersebut.

BACA JUGA:Waspada Gempa Susulan

Sementara terkait cuaca, untuk tiga hari ke depan pada siang menjelang sore, Kabupaten Cianjur masih berpotensi mengalami hujan dengan intensitas ringan sampai dengan sedang.

Sebelumnya, gempa dengan magnitudo 5,6 pada Senin (21/11) pukul 13.21 WIB terjadi di sekitar 10 km barat daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Pusat gempa bumi itu berada di darat pada kedalaman 10 km di koordinat 6,84 Lintang Selatan dan 107,05 Bujur Timur.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 321 warga meninggal dunia hingga hari ketujuh atau Minggu (27/11) sejak gempa melanda di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada 21 November 2022.

BACA JUGA:Hari Keenam Pencarian Korban Gempa Cianjur, Tim SAR Temukan Lagi Empat Jenazah

Sedangkan 11 orang dinyatakan hilang, dan 108 orang mengalami luka berat dan masih dirawat di seluruh rumah sakit baik di Kabupaten Cianjur maupun sudah dirujuk ke rumah sakit lain.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: