Polri Harus Periksa Polisi yang Tangani Kasus Pemerkosaan Pegawai Kemenkop UKM

Polri Harus Periksa Polisi yang Tangani Kasus Pemerkosaan Pegawai Kemenkop UKM

Ilustrasi Polisi--pixabay

JAKARTA, FIN.CO.ID - Aparat kepolisian yang menangani kasus pemerkosaan pegawai Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM).

Kasus kekerasan seksual yang sangat biadab tersebut justru dihentikan dengan menerbitkan surat pemberitahuan pemberhentian penyidikan (SP3) dengan alasan laporan dicabut.

Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Edwin Partogi Pasaribu pun merasa geram dengan SP3 kasus pemerkosaan pegawai Kemenkop UKM.

Dia pun mendesak agar Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memeriksa aparatnya yang menangani kasus tersebut.

BACA JUGA:Pecat PNS Kemenkop UKM Pemerkosa Rekan Kerjanya

Dia menilai ada dugaan pelanggaran proses hukum oleh oknum polisi yang menangani kasus pemerkosaan pegawai di Kemenkop UKM.

"Termasuk juga membuka peluang dilakukan proses pidana apabila ditemukannya dugaan obstruction of justice oleh oknum anggota Polres Bogor," katanya, Selasa, 22 November 2022.

Terkait Peraturan Kapolri (Perkap) yang mengatur penerapan keadilan restoratif, LPSK merekomendasikan agar dievaluasi secara akademis dan dari sisi kacamata hukum. Tujuannya, agar penerapan keadilan restoratif sesuai atau tepat sasaran, dan tidak asal-asalan.

"Jadi kita tahu kapan suatu perkara dapat dilakukan dengan pendekatan restoratif justice atau tidak," ujar Edwin.

BACA JUGA:Mahfud MD Koreksi Polresta Bogor di Kasus Pemerkosaan Pegawai Kemenkop: Masak Perkosa Ramai-Ramai Kasus di-SP3

Dorongan evaluasi penerapan keadilan restoratif tersebut, juga demi menghindari adanya transasksional justice. Dalam poin-poin rekomendasi LPSK, juga disebutkan bahwa kejahatan yang meresahkan masyarakat dan ancaman pidananya tinggi, selayaknya tetap diselesaikan di meja pengadilan.

Terakhir, kepentingan korban dan masyarakat atas keadilan serta rasa aman harus menjadi satu standar penegakan hukum di Tanah Air.

Tidak hanya LPSK, Tim Independen Pencari Fakta pengungkapan kasus pemerkosaan dan pelecehan seksual pegawai Kemenkop UKM juga mengeluarkan sejumlah rekomendasi.

Tim yang diketuai oleh Ratna Batara Munti tersebut merekomendasikan agar dua pegawai negeri sipil (PNS) yang merupakan pelaku utama dalam kasus tersebut diberhentikan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: