Bangunan Warga Rusak Akibat Gempa Cianjur, BNPB Pastikan Akan Dibangun Kembali

Bangunan Warga Rusak Akibat Gempa Cianjur, BNPB Pastikan Akan Dibangun Kembali

Kerusakan rumah akibat gempa cianjur kekuatan 5,6 magnitudo-@gemilangg2-twitter

JAKARTA, FIN.CO.ID - Pemerintah memastikan akan kembali membangun rumah warga yang rusak akibat gempa Cianjur magnitudo 5,6.

Penegasan tersebut disampaikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto.

"Kami yakinkan kepada masyarakat bahwa rumah-rumahnya yang hancur, baik rusak berat, rusak ringan, dan rusak sedang, ini akan dibangun kembali oleh pemerintah," ungkapnya dikutip dari YouTube BMKG, Senin, 21 November 2022.

Untuk itu, dia mengatakan seluruh pihak untuk solid dan bahu membahu dalam ragka pemulihan akibat gempa.

BACA JUGA:Ridwan Kamil: Korban Meninggal Akibat Gempa Cianjur Bertambah Seiring Waktu

"Nah, tentu saja memerlukan soliditas, sinergitas dan kesungguhan semua unsur yang terlibat dalam penanganan bencana gempa bumi ini," sambungnya.

Lebih lanjut Suharyanto mengatakan, pemerintah segera mengaktifkan posko penanganan bencana. 

Dia akan meninjau lokasi bencana gempa Cianjur pada Selasa, 22 November 2022.

BACA JUGA:Dampak Gempa Cianjur, Puluhan Rumah di Sukabumi Rusak

"Kedatangan kami ke daerah akan membawa logistik bagi para pengungsi yang terpaksa harus tinggal di pengungsian. Kalau kita lihat kerusakannya ini, cukup masif,” tuturnya.

Untuk mengaktifkan posko itu, lanjut Suharyanto, BNPB juga akan mendorong anggaran dana siap pakai. Dengan demikian, masyarakat terdampak bisa mendapat penanganan untuk pemenuhan kebutuhan dasar mereka.

"Dengan target saat tanggap darurat ini kami pastikan masyarakat Kabupaten Cianjur dan daerah lain yang terdampak ini bisa betul-betul tertangani kebutuhan dasarnya. Kemudian kami akan terus melaksanakan pendataan," terangnya.

"Setelah tidak ditemukan lagi korban jiwa yang luka-luka, atau mungkin ada yang hilang dan seluruh masyarakat yang rumahnya hancur sudah masuk ke pengungsian, di pengungsian roda hidupnya sudah berjalan, walaupun serba keterbatasan maka tanggap darurat itu akan kami nyatakan selesai," imbuhnya.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: