Presiden Jokowi Serahkan Palu Kepemimpinan Presidensi G20 ke Perdana Menteri India

Presiden Jokowi Serahkan Palu Kepemimpinan Presidensi G20 ke Perdana Menteri India

Presiden Jokowi Serahkan Palu Kepemimpinan ke PM India, Foto: ekon.go.id--

BALI, FIN.CO.ID - Presiden RI Joko Widodo telah menyerahkan secara simbolis palu kepemimpinan Presidensi G20, kepada Perdana Menteri India Narendra Modi, dalam sesi penutupan KTT G20 di Bali pada Rabu (16/11) lalu.

Penyerahan tongkat estafet Presidensi G20 tersebut juga sekaligus menandakan berakhirnya Presidensi G20 Indonesia, untuk kemudian dilanjutkan di tahun depan oleh India.

Kesuksesan penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia juga, telah ditandai dengan keberhasilan untuk mengadopsi dan mengesahkan Deklarasi Pimpinan G20 atau G20 Bali Leaders’ Declaration.

BACA JUGA:Telkom Sukses Dukung Pelaksanaan G20 Indonesia 2022

“Alhamdulillah, kita dapat mengadopsi dan mengesahkan G20 Bali Leaders’ Declaration. Ini adalah deklarasi pertama yang dapat diwujudkan sejak Februari 2022," kata Presiden RI Joko Widodo.

"Saya juga ingin menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh Working Groups dan Engagement Groups atas dedikasi, sumbangan pemikiran, dan kontribusinya bagi Presidensi G20 Indonesia".

Hal itu disampaikan dalam penutupan KTT G20 yang dihelat di Hotel Apurva Kempinski.

Selain mampu mengupayakan berbagai solusi terbaik selama satu tahun kepemimpinan di tengah berbagai krisis dan tantangan baru yang muncul, rangkaian kegiatan Presidensi G20 Indonesia juga mampu memberi dampak positif untuk perekonomian nasional.

BACA JUGA:Diplomasi ‘Senyum’ Jokowi di KTT G20 Berhasil Redakan Ketegangan Global

Salah satunya ditunjukkan dengan laju ekonomi nasional pada dua kuartal terakhir yang tumbuh impresif dan peningkatan PDRB pada sejumlah kota tempat penyelenggaraan event G20 tersebut.

Sejak awal rangkaian kegiatan Presidensi G20 Indonesia pada Desember 2021, Pemerintah Pusat selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah, pelaku usaha, masyarakat, dan seluruh stakeholder, baik dari sisi penyelenggaraan maupun substansi.

Hal ini turut menjadi penyokong utama keberhasilan penyelenggaraan seluruh rangkaian acara Presidensi G20 Indonesia hingga berjalan sukses dan lancar hingga sesi penutupan.(rep/fsr/hls)

BACA JUGA:Presidensi G20 Indonesia Sukses Capai Puncak KTT G20

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: