Ini Penampakan Bola 'Tangan Tuhan' Maradona yang Dilelang Rp36 Miliar

Ini Penampakan Bola 'Tangan Tuhan' Maradona yang Dilelang Rp36 Miliar

Bola 'Tangan Tuhan' yang digunakan dalam pertandingan sepak bola Piala Dunia FIFA 1986 antara Argentina dan Inggris difoto sebelum dilelang, di Stadion Wembley di London pada 1 November. (Isabel Infantes/AFP melalui Getty Images) --

JAKARTA, FIN.CO.ID- Bola 'tangan tuhan' yang dipakai saat Argentina melawan Inggris di Piala Dunia 1986, saat ini dijual di rumah lelang pada Rabu 16 November 2022 dengan harga £2 juta atau Rp 36 miliar. 

Istilah bola 'Tangan Tuhan' merupakan istilah yang dipakai oleh Maradona saat mencetak gola dengam cara dirinju saat melawan Inggris dalam perempat final piala dunia 1986.

Bola tersebut berwarna putih merk Adidas Azteca. Bola itu bermotif yang terinspirasi oleh arsitektur dan mural peradaban Aztec

Bola itu dimiliki oleh wasit Ali Bin Nasser asal Tunisia yang saat itu memimpin laga. 

Bola itu diperkirakan akan terjual hingga £3 juta atau Rp54 miliar ketika dilelang di Rumah Lelang Graham Budd yang berbasis di Inggris.

BACA JUGA:Bola yang Disentuh Maradona saat Cetak Gol 'Tangan Tuhan' Dilelang Rp36 Miliar

Silansir AFP, wasit Bin Nasser mengatakan dia merasa ini adalah waktu yang tepat untuk membagikan barang itu kepada dunia dan menyatakan harapan agar pembeli - yang belum diungkapkan - akan memajangnya di depan umum.

Jersey yang dilelang pada Mei akan dipajang di Qatar selama Piala Dunia 2022, yang akan dimulai pada hari Minggu.

Bin Nasser juga membela keputusannya untuk membiarkan gol pertama kontroversial Maradona bertahan.

"Saya tidak bisa melihat kejadian itu dengan jelas. Dua pemain, Shilton dan Maradona, menghadap saya dari belakang."

"Sesuai instruksi FIFA yang dikeluarkan sebelum turnamen, saya melihat ke hakim garis saya untuk konfirmasi keabsahan gol - dia berjalan kembali ke garis tengah menunjukkan dia puas bahwa gol harus disahkan."

BACA JUGA:Drama 5 Gol Napoli Vs Udinese di Stadion Diego Armando Maradona

"Pada akhir pertandingan, pelatih kepala Inggris Bobby Robson berkata kepada saya: 'Anda melakukan pekerjaan dengan baik, tetapi hakim garis tidak bertanggung jawab." kata Bin Nasser. 

Terkait gol "Tangan Tuhan" tersebut, Maradona pernah memberikan penjelasan lewat wawancara eksklusif bersama BBC Sports.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: