Sama-sama Bikin Kurus, Ini Beda Bedah Bariatrik dan Sedot Lemak

Sama-sama Bikin Kurus, Ini Beda Bedah Bariatrik dan Sedot Lemak

Ilustrasi - Tips Diet Penderita Obesitas--(SHVETS production - Pexels)

JAKARTA, FIN.CO.ID - Berat badan berlebihan dapat memicu risiko penyakit tidak menular seperti diabetes, maka penting untuk menjaga agar tubuh berada di berat yang ideal.

Selain mengurangi berat badan dengan cara berolahraga dan mengatur pola makan, tindakan medis seperti bedah bariatrik serta bedah kosmetik seperti sedot lemak menjadi pilihan untuk memperbaiki penampilan.

BACA JUGA:Pulau Bali Bakal Jadi Saksi Tatap Muka Biden dan Xi, Pejabat AS Tak Berharap Banyak

Apa bedanya bedah bariatrik dan sedot lemak?

Menurut dokter spesialis bedah subspesialis bedah digestif RS Pondok Indah – Pondok Indah Dr. dr. Peter Ian Limas, Sp. B, SubSp. BDig, bedah kosmetik seperti sedot lemak dan bedah bariatrik sangat berbeda.

Bedah kosmetik hanya memperbaiki penampilan luar dan tidak memperbaiki kondisi klinis.

"Bedah kosmetik tujuan membentuk tubuh, tapi kami tidak menuju ke sana walau bentuk tubuh pasti akan lebih baik, kami lebih ke menurunkan berat badan dan menurunkan faktor lain seperti diabetes, hipertensi, dan kolesterol," kata Peter dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat 11 November 2022.

BACA JUGA:Padahal Gratis, Hari Pertama WSBK 2022 di Sirkuit Mandalika Sepi Penonton

Bedah bariatrik menangani akar persoalan dengan mengobati pasien obesitas dan penyakit penyertanya.

Cara kerja bedah bariatrik adalah dengan memodifikasi saluran cerna pasien yang menyebabkan makanan tidak melewati usus dua belas jari (Roux en Y gastric bypass) atau melewatinya dengan lebih cepat (sleeve gastrectomy).

Proses ini menyebabkan terjadinya peningkatan hormon GLP-1 yang memperbaiki metabolisme gula oleh insulin. 

Hal itu kemudian dapat membantu menghilangkan rasa lapar pasien, memodifikasi profil hormon pasien sehingga lebih efektif bekerja, hingga membantu mengurangi kalori yang diserap tubuh.

BACA JUGA:Pengawasan Pelaksanaan Program Kartu Prakerja Ditingkatkan, Penegak Hukum Dilibatkan

Tindakan medis ini dijalani oleh penyanyi Melly Goeslaw yang telah berusaha menurunkan berat badan selama dua dekade lewat berbagai metode, namun belum menemukan cara yang ampuh.

Sumber: