Maripay, Solusi Digital Permudah Transaksi Keuangan Pekerja Migran di Malaysia

Maripay, Solusi Digital Permudah Transaksi Keuangan Pekerja Migran di Malaysia

Prosesi Peresmian Maripay, Kolaborasi Finnet dengan Suis Digital dan Mpay yang berlangsung di Ball Room Hotel Pullman, pekan lalu--(dok.Telkom Indonesia)

JAKARTA, FIN.CO.ID - Berdasarkan data dari Bank Indonesia, terdapat 1,85 juta warga negara Indonesia yang berjuang di Malaysia sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI) pada berbagai sektor industri salah satunya pada sektor perkebunan.

Kabarnya, PMI di Malaysia yang berkecimpung di bidang perkebunan tak sedikit yang merasakan kendala terkait kegiatan bertansaksi. Merespon hal tersebut, PT Finnet Indonesia (Finnet) yang merupakan anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berkolaborasi dengan Suis Digital dan Mpay untuk membangun aplikasi yang ramah bagi PMI yang dinamakan Maripay.

BACA JUGA:Telkom Restorasi Sampah Elektronik dengan Program Eduvice Dukung Sektor Pendidikan Digital Pelajar

BACA JUGA:Telkom Kembali Menjadi Satu-Satunya Perusahaan Indonesia di Jajaran Forbes 2022 World’s Best Employer

Kolaborasi ini juga didukung oleh Mandiri International Remittance Shd. Bhd (MIR) untuk mendukung operasional  proses prefund Maripay dari Malaysia ke Indonesia.

Maripay merupakan layanan dompet elektronik berbasis aplikasi mobile yang memfasilitasi transaksi pembayaran, pembelian hingga pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia.

Aplikasi karya anak bangsa ini diresmikan di Ball Room Hotel Pullman yang dihadiri oleh Duta Besar Indonesia di Malaysia Hermono, Komisaris Utama Finnet Difi Ahmad Johansyah, Direktur Utama Finnet Rakhmad Tunggal Afifuddin, CEO Telin Malaysia Devy Parlindungan Siregar, Direktur Utama Mandiri International Remittance Shd. Bhd (MIR) Lugiyem, CEO MPAY Dato Chew Chee Seng, serta jajaran direksi lainnya.

Direktur Utama Finnet Rakhmad Tunggal Afifuddin menyampaikan bahwa beragam solusi digital yang ditawarkan oleh Maripay untuk memberikan kemudahan PMI dalam melakukan transaksi finansial.

BACA JUGA:Melon Indonesia Sinergikan Serial Si Unyil dalam Nada Sambung Pribadi Telkomsel

“Maripay ini kaya akan fitur salah satunya pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia, jadi PMI tidak kesulitan lagi untuk melakukan pengiriman uang, bisa langsung dari tempat mereka bekerja tanpa harus mengantri, keluarga di Indonesia juga bisa melakukan penarikan dana di Indomaret maupun melalui bank yang terkoneksi dengan Finnet. Tidak perlu khawatir juga dengan konversi mata uang, karena pengiriman langsung terkonversi dari Ringgit Malaysia ke Indonesia Rupiah,” tutur Rakhmad.

Seperti yang diketahui, beberapa PMI masih terkendala dalam melakukan pengiriman uang di antaranya, antrian yang panjang, biaya admin yang tinggi dan harus melalui loket transaksi.

Tidak hanya itu, kebutuhan dalam melakukan pembayaran tagihan bulanan di kampung halaman menjadi permasalahan lain.

Maripay memberikan solusi remitansi yang dapat dilakukan di mana saja melalui aplikasi mobile. Selain itu, adanya fitur pembayaran tagihan bulanan untuk layanan di Indonesia (IndiHome, MNC Vision, PLN, BPJS Kesehatan, kartu Halo dan voucher pulsa) dan di Malaysia (Maxim, Digi, XOXO, Celcom, RedONE dan provider lainnya) juga menjadi nilai tambah dari aplikasi Maripay.

BACA JUGA:Dorong Digitalisasi Sektor Perdagangan, Telkom Jalin Kemitraan dengan PT Pengelola Pasar Induk Caringin

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: