Lewat Program PNM Mekaar Erick Thohir Dorong Emak-Emak jadi Penggerak Ekonomi Nasional

Lewat Program PNM Mekaar Erick Thohir Dorong Emak-Emak jadi Penggerak Ekonomi Nasional

Erick Thohir Berbicara saat Peresmian Pembentukan Holding Subholding PT PLN (Persero)--

JAKARTA, FIN.CO.ID- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melalui PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM mendorong pertumbuhan ekonomi nasional lewat program PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (PNM Mekaar).

Salah satu poin yang menjadi target pemerintah yang ikut program tersebut ialah diperuntukkan kepada perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro yang dikuatkan dengan aktivitas pendampingan usaha dan dilakukan secara berkelompok.

Ketua Umum Assosiasi Industri Usaha Mikro Kecil Menengah Indonesia (AKUMANDIRI) Hermawati Setyorinny mengatakan program PNM Mekaar telah terbukti berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional khususnya dari kalangan emak-emak atau ibu-ibu.

BACA JUGA:Erick Thohir Didukung Jadi Ketua Umum PSSI, Pernah Jadi Presiden Inter Milan dan Pernah Punya Klub DC United

BACA JUGA:3 Pasangan Favorit Pilpres 2024, Ganjar-Yenny Wahid, Prabowo-Erick Thohir dan Anies-AHY

“PNM Mekaar termasuk program Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu Program untuk membantu nasabah ultra mikro, di mana mayoritas pelaku usahanya perempuan berbasis kelompok. Kita tahu, kontribusi para pelaku ekonomi sektor informal buat Indonesia ini besar sekali khususnya perempuan,” ujar perempuan yang akrap di sapa Rinny itu, Rabu 9 November 2022.

Menurutnya, PNM Mekaar berhasil menjadi jembatan akses pembiayaan bagi para emak-emak dengan bantuan pembiayaan untuk mengembangkan usahanya. 

“Menurut saya jika dilihat melalui target akses pembiayaan, ya bisa dikatakan program ini berhasil karena penerima manfaat jumlahnya bertambah dari tahun ke tahun. Artinya yang membutuhkan pinjaman usaha para perempuan prasejahtera semakin banyak mendapatkan akses pembiayaan,” ungkapnya.

BACA JUGA:Erick Thohir Ajak Mahasiswa Institut Teknologi PLN Berkontribusi Bersama BUMN

BACA JUGA:Erick Thohir Pamer Hasil Transformasi Kinerja BUMN: Pendapatan BUMN Naik Jadi Rp 2.295 Triliun

Rinny berharap program ini terus dikuatkan tidak hanya memberikan layanan permodalan berbasis kelompok yang diperuntukkan bagi perempuan prasejahtera pelaku usaha saja.

“Tetapi dibarengi dengan pendidikan, pelatihan, pembinaan, pengembangan, pemasaran bagi usaha mereka. Keberlanjutan usaha mereka harus juga dijaga tetap ada dan berkembang,” harapnya.

Selain itu, kata Rinny program PNM Mekaar ini juga diharapkan mampu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi kaum perempuan sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Termasuk yang terpenting adalah pengetahuan yang berkaitan dengan SDM para perempuan itu sendiri, sehingga tidak hanya sejahtera ekonominya saja tetapi juga sehat mental sehat badan bagi dia dan keluarganya misalnya pengetahuan tentang stunting, Kesehatan perempuan, KDRT atau hal hal yang menunjang bagi kesejahteraan dia sendiri dan keluarga,” tuntasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: