Demam Tidak Turun Meski Sudah Minum Obat, Ini Anjurannya

Demam Tidak Turun Meski Sudah Minum Obat, Ini Anjurannya

Demam Masih Tinggi Meski Sudah Minum Obat, Image oleh Myriams-Fotos dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Demam tidak turun meski sudah minum obat. Kondisi cukup banyak dikeluhkan orang di jagat maya.

Pertanyaannya, apa yang menyebabkan demam tidak turun meski sudah minum obat.

Menurut ahli, demam tidak meski selalu menandakan bahaya, dan bahwa demam adalah reaksi alami tubuh untuk melawan infeksi atau radang.

BACA JUGA:Dokter Resepkan Ramuan ini sebagai Pengganti Obat Sirup Atasi Demam Batuk dan Pilek

Dan jika orangtua beradapan dengan demam anak yang tidak turun meski sudah minum obat, ada beberap tips yang bisa dilakukan untuk membantu menurunkan demam, dan tidak melibatkan penggunaan obat lain.

Ketika demam tidak turun meski sudah minum oabt, maka orang disarankan pakai baju yang suhunya adem, dan menghindari pakaian berbahan tebal.

Selain bahannya harus adem, pilihlah baju yang bahannya bisa menyerap keringat dengan baik. Gunakan selimut tipis jika tubuh terasa kedinginan.

Selain menggunakan baju berbahan adem dan menyerap keringat, pastikan buah hati Anda minum air putih dalam jumlah banyak, untuk menurunkan demam.

BACA JUGA:Obat Demam Tablet Sama Efektifnya dengan Obat Sirop, tapi Tidak Semua Boleh Digerus

Mau itu air dingin atau hangat kata dokter, pada dasarnya sama saja. Meski begitu, memberi air dingin dapat membuat si kecil jadi lebih nyaman.

Namun ketika harus mandi, maka gunakanlah air hangat.

Mandi selama 15 menit dengan air hangat, dapat membantu menurunkan demam yang terjadi.

Ahli juga menyarankan bahwa selama mandi, pastikan suhu air tidak berubah menjadi dingin. Dan jika anak menggigil saat mandi, itu tandanya sudah harus berhenti.

Jika demam tidak turun setelah minum obat minum obat, coba juga untuk mengajak anak tidur siang.

Dengan tidur siang,  maka Anda akan membantu si kecil hal ini dapat mendorong pemulihan kondisinya untuk lebih cepat membaik.

Demikian cara menurunkan demam tidak turun meski sudah minum obat.

Bawa Anak ke Dokter jika Demamnya seperti Ini

Orang tua diminta segera membawa anak ke dokter, apabila buah hati mereka mengalami demam disertai dengan gejala.

Anjuran orang tua bawa anak segera ke dokter jika demam disertai dengan gejala ini disampaikan dokter spesialis anak dr. Noor Anggrainy Retnowati, Sp,A.

Mengapa orang tua diminta segera membawa anak ke dokter jika demam disertai dengan gejala tertentu, adalah untuk menghindari kondisi yang lebih serius.

"Gejala penyerta misalnya diare, muntah, ada batuk dan sesak atau mengi, mual, nyeri perut atau perdarahan spontan," kata anak dr. Noor Anggrainy seperti dikutip FIN dari ANTARA.

Menurut dokter anggota Masyarakat Pediatri Indonesia (Indonesian Pediatric Society) itu, orangtua juga patut mengevaluasi frekuensi buang air kecil pada anak.

Caranya adalah dengan rutin mengecek setiap empat jam sekali. Dan jika frekuensi buang air kecil pada anak berkurang maka segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Meski begitu, jika anak hanya demam akan tetapi masih aktif bermain dan makan minumnya, maka hal ini bukanlah sesuatu untuk dikhawatirkan.


Sumber: