Obat Demam Tablet Sama Efektifnya dengan Obat Sirop, tapi Tidak Semua Boleh Digerus

Obat Demam Tablet Sama Efektifnya dengan Obat Sirop, tapi Tidak Semua Boleh Digerus

obat demam tablet sama efektifnya dengan obat sirop, Image oleh oleh Victoria_rt dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Apakah obat demam tablet sama efektifnya dengan obat sirop? Ini jadi salah satu hal yang ditanyakan masyarakat di jagat maya.

Seperti diketahui, kasus gagal ginjal akut yang diduga disebabkan penggunaan beberapa jenis obat sirop, memaksa Pemerintah Indonesia  untuk sementara waktu, menghentikan peredaran semua jenis obat sirop di apotek di seluruh Indonesia.

Ribetnya, ketika masyarakat harus berurusan dengan demam, kini mereka harus dihadapkan pada potensi kelangkaan obat sirop pereda demam.

BACA JUGA:Soal Obat Sirop Mengandung Etilen Glikol, PT Kalbe Farma Buka Suara

Namun tenang, menurut Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, masyarakat bisa mengganti obat sirop demam dengan konsumsi obat demam dalam bentuk tablet.

"Selama kandungan atau komposisi yang sama pasti punya zat aktif dan efeknya sama," jelas Apt. Hari Sulistiyono, M.Farm dalam live streaming di media sosial via akun resmi Dinas Kesehatan DKI (@dinkesdki).

Kepala Seksi Kefarmasian Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta itu mengatakan bahwa pada dasarnya obat demam seperti sirop, dibuat untuk memudahkan orang-orang yang sulit mengonsumsi tablet, seperti bayi atau anak-anak.

Itu artinya, secara khasiat, dan ketika dikonsumsi dengan dosis dan takaran yang sama, maka obat demam berbentuk tablet sama efektifnya dengan obat demam sirop. '

BACA JUGA:Tarik Obat Sirop dari Peredaran, Polri: Kami Siap Turun Tangan

Perlu disadari, instruksi pemerintah untuk menghentikan penjualan obat sirop di seluruh apotek adalah upaya preventif sembari menunggu hasil penyelidikan.

"Kementerian Kesehatan juga bilang yang bermasalah bukan zat aktif atau obatnya, tetapi zat tambahannya karena di sirop untuk melarutkan ada zat penambah, itu yang sedang diperiksa Kemenkes, BPOM dan Puslabfor," ujar Hari.

Dan jika memang harus memberikan obat demam berbentuk tablet kepada anak, Hari menganjurkan orangtua untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu, meski tujuannya agar mudah untuk dikonsumsi.

Karena, lanjut dia, ada beberapa jenis obat demam tablet yang tidak bisa digerus seperti tablet salut selaput, juga obat tablet lepas lambat yang dirancang agar obat diserap secara lambat dalam tubuh.

Jika tablet lepas lambat digerus, tujuan agar obat menimbulkan efek perlahan akan berjalan tidak seperti seharusnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: