Bea Cukai Jelaskan Tugas dan Fungsi pada Mahasiswa di Empat Wilayah Berikut

Bea Cukai Jelaskan Tugas dan Fungsi pada Mahasiswa di Empat Wilayah Berikut

--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Sebagai upaya mengenalkan tugas dan fungsi kepada masyarakat, Bea Cukai secara kontinu memberikan sosialisasi kepada mahasiswa.

Kali ini upaya tersebut dilaksanakan Bea Cukai dengan melakukan kunjungan dan kegiatan bersama mahasiswa di sejumlah daerah, seperti Badung, Yogyakarta, Langsa, dan Semarang.

BACA JUGA:Bea Cukai Lancarkan Tiga Penindakan Rokok Ilegal

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana, mengungkapkan bahwa pada Jumat (21/10), Bea Cukai menerima kunjungan studi yang berlangsung di Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Bali Nusa Tenggara (Nusra) dan Kantor Bea Cukai Yogyakarta.

Di Badung, Kanwil Bea Cukai Bali Nusra menerima kunjungan dari mahasiswa Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional dalam rangka studi lapangan. Sementara itu, di Yogyakarta, Bea Cukai Yogyakarta menerima kunjungan studi dari mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA).

“Penyampaian informasi kepada mahasiswa menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan pengetahuan khususnya di bidang kepabeanan dan cukai. Hal ini juga sebagai sarana yang tepat untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat akan maraknya penipuan mengatasnamakan Bea Cukai,” ujar Hatta.

Hatta mengatakan bahwa sosialisasi kepada mahasiswa merupakan salah satu cara membangun hubungan baik dengan sivitas akademika.

BACA JUGA:Bea Cukai Musnahkan Barang Ilegal Hasil Penindakan di Jabar dan Jateng

Dalam mengimplementasikan hal tersebut, Bea Cukai Langsa hadir sebagai narasumber dalam kegiatan training soft skill yang diselenggarakan oleh Politeknik Lembaga Penidikan dan Pengembangan Profesi (LP3I) Kampus Langsa dengan tema “Leadership and Creative Thinking”, pada Senin (24/10).

Selain membawakan materi terkait kepemimpinan, Bea Cukai Langsa juga menyampaikan materi tentang antikorupsi yang berjudul Orange Juice for Integrity: Belajar Integritas kepada Tokoh Bangsa.

Selanjutnya di Semarang, dalam rangka memperdalam ilmu pengawasan kebeacukaian, sebanyak 121 mahasiswa Program Studi S1 Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro melakukan kunjungan ke Bea Cukai Tanjung Emas dalam kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL), pada Selasa (25/10).

Selain berkunjung ke Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, para mahasiswa berkesempatan untuk mengunjungi Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) untuk melihat langsung pemeriksaan fisik impor jalur merah.

BACA JUGA:Bea Cukai Edukasi Masyarakat Ketentuan IMEI Melalui Mal dan Talkshow

Hatta menyampaikan bahwa dari kegiatan ini mahasiswa diharapkan mampu mendapatkan pengalaman dan ilmu yang berharga, terutama dalam menggali informasi tugas dan fungsi Bea Cukai sebagai organisasi yang memiliki peran besar terutama terkait negosiasi perdagangan internasional.

Sumber: