DPR RI Desak Pemerintah Ungkap Pihak yang Bertanggung Jawab Terkait Gagal Ginjal Akut

DPR RI Desak Pemerintah Ungkap Pihak yang Bertanggung Jawab Terkait Gagal Ginjal Akut

Penyebab Masalah Ginjal, Image oleh mohamed Hassan dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID- Pemerintah didesak mengusut tuntas kasus gagal ginjal akut yang diduga akibat mengonsumsi obat sirup batuk dan demam untuk anak. 

Anggota DPR RI Komisi IX Rahmad Handoyo mengatakan, pemerintah harus melakukan investigasi mencari tahu pihak yang paling bertanggung jawab terkait kasus tersebut.

Investigasi mendalam harus dilakukan untuk mengetahui kandungan etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) yang berlebihan pada obat sirup.

“Pemerintah harus melakukan investigasi mendalam untuk mencari pihak yang bertanggung jawab atas kandungan EG dan DEG yang berlebihan pada obat sirup anak,” ujar Handoyo dikutip keterangan tertulisnya, Senin 24 Oktober 2022.

Handoyo melanjutkan bahwa pemerintah harus memastikan penyebab kandungan zat berbahaya yang terdapat pada obat sirup anak. 

BACA JUGA:Ada Unsur Pidana Terkait Obat Sirup Penyebab Gagal Ginjal Akut pada Anak? Ini Pernyataan Resmi Polri

BACA JUGA:Buntut Maraknya Gagal Ginjal Akut, Polri: Kita Bentuk Tim Gabungan Usut Impotir Bahan Obat Sirup

Penyebabnya harus ditelusuri, apakah karena kelalaian, ketidaksengajaan, ketidaktaatan mengikuti prosedur, atau perubahan bahan baku. 

"Sebagai contoh, pihak produsen melakukan perubahan bahan baku obat, tapi tidak melaporkannya pada otoritas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)," ujarnya.

“Penyebabnya harus ditelusuri. Jika ada pihak yang bersalah, baik dari sisi administrasi maupun hukum, harus diberikan sanksi yang tegas,” imbuhnya.

Dia juga mendesak pemerintah agar memberikan santunan kepada keluarga korban serta menanggung biaya perawatan bagi anak-anak yang saat ini masih dirawat. 

BACA JUGA:Obat Gagal Ginjal Akut Masih Langka, Menkes: Saya Telepon Singapura sama Australia Langsung Dikasih

BACA JUGA:Antisipasi Merebaknya Gagal Ginjal Akut pada Anak, Tim Surveilans Dinas Kesehatan Bali Gerak Cepat

Handoyo mengusulkan, setelah diketahui penyebab penyakit gagal ginjal akut, pemerintah perlu membuka seterang-terangnya perusahaan serta obat-obatan yang mengandung zat kimia berbahaya itu.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: