Robbie Coltrane, Pemeran Hagrid dalam Film Harry Potter Meninggal Dunia

Robbie Coltrane, Pemeran Hagrid dalam Film Harry Potter Meninggal Dunia

Robbie 'Hagrid' Coltrane. Foto: Twitter/Harry Potter Films--

JAKARTA, FIN.CO.ID- Robbie Coltrane yang berperan sebagai Hagrid dalam film Harry Potter, meninggal dunia pada usia 72 tahun, Jumat 14 Oktober 2022.

"Klien dan teman saya Robbie Coltrane OBE meninggal pada Jumat 14 Oktober," kata Belinda Wright dalam sebuah pernyataan dikutip AFP.

Coltrane meninggalkan dua anaknya yaitu Spencer dan Alice, istrinya Rhona Gemmell, serta saudara perempuannya Annie Rae.

Tidak ada penyebab kematian Coltrane, tetapi Wright berterima kasih kepada staf medis di Forth Valley Royal Hospital di Larbert, Skotlandia tengah, atas perawatan mendiang. 

BACA JUGA:Film Black Adam Pertama Kali Dihadirkan di Layar Lebar, Begini Kata Dwayne Johnson

Coltrane, lahir dengan nama Anthony Robert McMillan pada 30 Maret 1950 di Rutherglen, dekat Glasgow. Dia menempa karier sebagai aktor, komedian, dan penulis.

Robbie Coltrane semasa hidupnya, selain berperan sebagai Hagrid dalam film Harry Potter, dia juga berperan sebagai mantan agen KGB yang menjadi bos mafia Rusia dalam dua film James Bond -- "Goldeneye" (1995) dan "The World Is Not Enough" (1999) -- dengan Pierce Brosnan.

Di televisi, ia bersama Emma Thompson membintangi mini-seri BBC pemenang BAFTA "Tutti Frutti" pada 1987.

Dia menjadi terkenal dan memenangkan lebih banyak penghargaan untuk perannya sebagai psikolog kriminal Dr Eddie "Fitz" Fitzgerald dalam serial ITV "Cracker" (1993-2006).

BACA JUGA:Apa Bahaya Nonton Film Horor jika Punya Penyakit Jantung? Ini Kata Dokter Spesialis

Dia juga merupakan penulis dan leksikografer Inggris Samuel Johnson dalam serial komedi TV "Blackadder the Third" bersama bintang "Mr Bean" Rowan Atkinson dan Hugh Laurie ("House").

Di layar lebar, Coltrane berperan dalam drama kriminal Neil Jordan 1987 "Mona Lisa" dan bekerja sama dengan mantan bintang Monty Python Eric Idle dalam komedi 1990 "Nuns on the Run".

Namun dia akan dikenang secara global sebagai Rubeus Hagrid, penjaga binatang setengah raksasa setengah manusia dan Sekolah Penjaga Kunci dan Dasar Hogwarts dalam waralaba film buku terlaris Harry Potter karya JK Rowling.

BACA JUGA:Film One Piece Red Tayang di Bioskop Hari Ini, Cek Disini Harga Tiket XXI, CGV, Cineplex, dan Cinepolis

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: