Wah! 43 Persen Pengguna PC Belum Upgrade ke Windows 11, padahal Rentan Kejahatan Siber

Wah! 43 Persen Pengguna PC Belum Upgrade ke Windows 11, padahal Rentan Kejahatan Siber

Windows 11--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Microsoft telah meluncurkan Windows 11 pada 2021 lalu, atau sudah satu tahun secara resmi tersedia untuk dinikmati publik.

Akan tetapi menurut sebuah riset terbaru, dilakukan oleh perusahaan IT bernama Lansweeper, via TechRadar, masih banyak komputer di luar sana yang belum mengadopsi OS teranyar Microsoft tersebut.

Ya, menurut Lansweeper, masih terdapat 43 persen komputer atau perangkat bisnis berbasis Windows, yang tidak dapat menjalankan Windows 11 hingga hari ini.

BACA JUGA:Windows 11 Tidak seperti Harapan Microsoft, Windows 10 Masih yang Terpopuler

Dan alasan mengapa Windows 11 ini terlambat diadopsi 43 persen pengguna PC dan perangkat berbasis Windows di seluruh dunia, adalah terkait dengan requirement yang ditetapkan oleh Microsoft.

Lansweeper sendiri memprediksikan bahwa baru pada 2026 nanti sebagian besar, atau mungkin semua perangkat berbasis Windows, pada akhirnya akan kompatibel dengan Windows 11.

Sementara itu menurut temuan lain Lansweeper, 82 persen dari seluruh perangkat Windows hingga saat ini, masih menjalankan Windows 10.

Padahal menurut Lansweeper, berkutat pada OS lawas seperti Windows 10 apalagi di bawahnya, membuat pengguna PC dan perangkat lain berbasis Windows lebih rentan akan serangan malware dan ransomware.

Fitur Windows 11 yang Mungkin Terlewatkan

Windows 11 adalah mungkin versi Windows dengan tampilan paling menarik yang pernah di buat oleh Microsoft.

Bagi sebagian pihak, tampilan Windows 11 sudah mulai bisa disajarkan dengan apa yang ditampilkan Apple pada MacOS-nya.

Tidak hanya menarik secara visual, Windows 11 juga dibekali dengan berbagai fitur berguna, yang mungkin tidak Anda temukan di Windwos yang mendahuluinya, meski sebagian mungkin versi perbaikan dari OS lawasnya.

Apa saja itu, berikut fitur Windows 11 yang mungkin belum Anda sadari keberadaannya, seperti dilansir Cnet, via AntaraNews:

1. Menu "Start"

Menu "Start" pada Windows 11 bisa diakses melalui taskbar paling bawah layar, kemudian klik ikon Windows.

Cara kedua, tekan tombol Windows dan X berbarengan.

2. Mengecilkan jendela

Salah satu keunggulan bekerja dengan laptop adalah bisa membuka banyak jendela (window) sekaligus. Sayangnya, cara seperti ini juga membuat pengguna mudah teralihkan.

Supaya konsentrasi tetap terjaga, kecilkan semua jendela kecuali yang sedang aktif digunakan. Caranya, buka Setting, kemudian pilih System.

Setelah itu, pilih Multitasking dan nyalakan fitur Title Bar Window Shake. Klik judul (title) jendela yang masih ingin dibuka. Tahan dan geser kursor ke bawah, geser jendela ke atas dan bawah dengan cepat, seperti sedang mengocok.

Setelah beberapa kali, jendela yang tadinya ada di layar akan diperkecil, kecuali yang masih digunakan.

3. Mengambil tangkapan layar

Ada beberapa cara untuk mengambil tangkapan layar (screenshot) di Windows 11. Pertama, jika ingin mengambil tangkapan seluruh layar, tekan tombol Windows dan Print Screen bersamaan. Gambar akan tersimpan di folder Pictures.

Kedua, untuk mengambil bagian tertentu, tekan Windows + S untuk membuka apikasi Snip and Sketch. Tarik tangkapan layar ke aplikasi tersebut, gambar akan tersimpan di folder Clipboard.

4. Membuka program yang disematkan dengan pintasan keyboard

Pengguna bisa menyematkan (pinned) sejumlah program di Taskbar bagian bawah supaya bisa lebih cepat mengakses program yang sering dipakai.

Tanpa mengklik, pengguna bisa membuka program yang disematkan itu dengan keyboard. Tekan berbarengan tombol Windows dan angka, sesuai dengan urutan program yang ada di taskbar.

5. Menghapus program yang tidak diperlukan

Performa komputer akan melambat jika perangkat diisi banyak program dan ruang penyimpanan menipis. Untuk melihat program apa saja yang dipasang, buka Settings, System, kemudian Storage.

Pilih Cleanup recommendation untuk melihat program yang disarankan untuk dihapus, misalnya karena sudah lama tidak dibuka.

6. Mematikan aplikasi background

Aplikasi yang berjalan di latar belakang, background, bisa membuat aplikasi tersebut tetap diperbarui meski pun sedang tidak dibuka.

Sayangnya, praktik ini menghabiskan baterai dan internet.

Matikan aplikasi yang berjalan di background, yaitu kunjungi Settings, System kemudian Power and Battery. Pilih Battery Saver supaya bisa membatasi aktivitas yang berjalan di background.

7. Menampilkan ekstensi berkas

Setelan utama Windows menyembunyikan ekstensi berkas sehingga menyulitkan pengguna untuk melihat rincian berkas tersebut sebelum membukanya.

Pada kolom pencarian Search, masukkan kata kunci File Explorer Options. Klik jendela yang terbuka kemudian pilih View. Hapus ceklis pada pilihan Hide Extensions for Known File Types.

Terakhir, pilih Apply dan OK.

8. Fitur fokus

Microsoft menyediakan fitur Focus pada Windows 11 supaya pengguna tidak terganggu notifikasi khususnya saat sedang bekerja.

Kunjungi Settings, System, kemudian Focus Assist. Pilih pengaturan yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya hanya notifikasi dari aplikasi terpilih yang akan masuk.


DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: