BPDB DIY Ingatkan Masyarakat akan Potensi Bencana, Ini Imbauannya

BPDB DIY Ingatkan Masyarakat akan Potensi Bencana, Ini Imbauannya

Ilustrasi kebanjiran. (pixabay)--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengimbau masyarakat akan potensi bencana di musim peralihan kali ini.

Menurut Manajer Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD DIY, Lilik Andi Aryanto mengatakan, BPBD DIY telah berkoordinasi dengan berbagai pihak, terkait potensi bencana yang disebabkan cuaca eksterm.

Beberapa potensi bencana yang dimaksud di sini, menurut Lilik Andi Aryanto, adalah seperti pohon tumbang, yang sebelumya sempat dilaporkan merusak rumah warga dan fasilitas umum.

BACA JUGA:BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem di Wilayah Tangerang Terjadi Hingga Tiga Hari ke Depan, Masyarakat Diminta Waspada

Sebab itu, ia meminta masyarakat untuk memangkas pohon lapuk atau menyingkirkan cabang pohon berlebih, guna menghindari hal yang tidak diinginkan.

Potensi bencana lain yang harus diwaspadai masyarakat adalah bencana tanah longsor. Potensi tanah longsor di DIY ini disebut merata terjadi di seluruh kabupaten dan kota se-DIY.

Sementara masyarakat yang tinggal di kawasan bantaran sungai, Lilik mengingatkan potensi banjir yang bisa saja terjadi di cuaca ekstem kali ini.

Mereka yang tinggal di kawasan Piyungan, Bantul, diminta untuk segera mengungi, apabila hujan lebat terjadi lebih dari dua jam.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai, lantaran hanya akan menyebabkan penyumbatan aliran sungai, dan menyebabkan banjir.

Terkait dengan pohon tumbang, Lilik juga menyebut, merata terjadi di DIY. Hal ini dikarenakan hujan yang disertai angin kencang dan mengakibatkan banyak pohon tumbang yang bahkan menimpa rumah warga dan fasilitas umum.

Peringatan terhadap masyarkat DIY akan cuaca buruk ini juga disampaikan BMKG. Masuk dalam periode peralihan musim kemarau ke musim hujan, meletakan DIY pada posisi yang tidak diuntungkan.

Prakiraan Cuaca BMKG

BMKG memprakirakan bahwa potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga hujan lebat, yang juga berpotensi disertai kilat/petir dan angin kencang, bisa terjadi di beberapa wilaya di Indonesia hingga 15 Oktober 2022 mendatang.

Berikut ini daftar kota yang berpotensi alami hujan lebat disertai kilat dan angin kencang selain DI Yogyakarta:

1.    Aceh
2.    Sumatra Utara
3.    Kep. Riau
4.    Riau
5.    Kep. Bangka Belitung
6.    Jambi
7.    Bengkulu
8.    Sumatra Selatan
9.    Lampung
10.    Banten
11.    DKI Jakarta
12.    Jawa Barat
13.    Jawa Tengah
14.    Papua
15.    Jawa Timur
16.    Bali
17.    Nusa Tenggara Barat
18.    Kalimantan Barat
19.    Kalimantan Timur
20.    Kalimantan Utara
21.    Kalimantan Tengah
22.    Kalimantan Selatan
23.    Sulawesi Utara
24.    Gorontalo
25.    Sulawesi Tengah
26.    Sulawesi Barat
27.    Sulawesi Selatan
28.    Sulawesi Tenggara
29.    Maluku Utara
30.    Maluku
31.    Papua Barat


Sumber: