Rawan Bikin Masalah, 6 Bagian Motor Ini Harus Sering Dicek Saat Musim Hujan

Rawan Bikin Masalah, 6 Bagian Motor Ini Harus Sering Dicek Saat Musim Hujan

Ban Motor, Image oleh Monoar Rahman Rony dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Enam (6) bagian motor ini harus sering dicek saat musim hujan. Pasalnya, jika tidak, maka hal itu berpotensi menimbulkan masalah bagi pengendaranya. 

Mengendarai sepeda motor saat kondisi hujan memang lebih beresiko karena jalan yang licin, gangguan penglihatan hingga genangan air yang menutupi jalanan dan berpotensi membuat mesin macet. 

BACA JUGA:MotoGP 'Senggol' Mba Rara Karena Sirkuit Jepang Diguyur Hujan Deras: Memanggil Teman Kita

BACA JUGA:Tunggu Tanggal Mainnya! Honda Bakal Luncurkan 10 Model Motor Listrik Tahun 2025

Maka itu diperlukan jas hujan jenis setelan sebagai perlengkapan yang wajib dibawa saat di musim hujan.

Selain perlengkapan, pengendara harus memeriksa enam komponen motor agar berkendara tetap aman dan nyaman saat hujan turun.

1. Pengereman

Cek sistem pengereman motor. Pastikan dalam kondisi baik, baik dari sisi kampas rem dan volume minyak rem agar sistem rem tetap optimal.

2. Busi dan Tutup Busi

Periksa kondisi busi dan tutupnya. Tutup busi yang longgar berpotensi air masuk ke area pengapian yang bisa membuat motor tiba-tiba mogok. Ganti segera jika sudah nampak tanda keausan.

3. Roda

Pastikan ketebalan kembangan ban roda masih dalam batas aman. Untuk mengetahuinya lakukan pemeriksaan melalui Treat Wear Indicator (TWI). Jangan paksakan berkendara dengan kondisi ban roda yang sudah gundul karena daya cengkram ke aspal sudah berkurang sementara saat hujan kondisi jalan akan lebih licin.

4. Filter Udara

Kondisi filter udara yang kotor atau basah akan membuat performa motor akan berkurang dan tarikan motor jadi lebih berat. Cek kondisi filter udara, dan gantilah sesuai dengan jadwal penggantian berkala.

Sumber: