Desakan Iwan Bule Mundur dari Ketum PSSI Menguat, Menpora: Silakan Saja

Desakan Iwan Bule Mundur dari Ketum PSSI Menguat, Menpora: Silakan Saja

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Ketum PSSI) Mochamad Iriawan atau biasa disapa Iwan Bule.-pssi.org-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Desakan agar Mochamad Iriawan mundur alias Iwan Bule mundur dari jabatan Ketua Umum PSSI semankin menguat. 

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga telah menetapkan 6 tersangka dalam tragedi Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

BACA JUGA:Adakah Sanksi FIFA untuk Indonesia Terkait Tragedi Kanjuruhan? Begini Kata PSSI

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menegaskan, bahwa dirinya maupun pejabat eksekutif pemerintahan tidak akan mengintervensi perihal tersebut. 

Kendati demikian, Menpora juga tidak melarang masyarakat untuk menyuarakan aspirasi mereka termasuk lewat petisi daring mendesak Ketum PSSI mundur yang menuai banyak dukungan.

"Tidak, tidak. Kami sama sekali, itu silakan saja di masyarakat," kata Amali di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat 7 Oktober 2022.

Pernyataan tersebut disampaikan Amali saat ditanya awak media soal kemungkinan pemerintah mengintervensi karena desakan deras bagi Iriawan untuk mundur.

BACA JUGA:Buntut Tragedi Kanjuruhan, Permintaan Iwan Bule Mundur Dari PSSI Jadi Trending di Sosmed

Menpora mengingatkan bahwa PSSI sebagai federasi sepak bola di Indonesia bernaung di bawah FIFA yang merupakan otorita sepak bola dunia.

"Pemerintah apapun yang ada, itu federasi, kita hormati. Kita ada wilayahnya masing-masing," ujar Amali.

Pilihan Menpora untuk tidak meneruskan desakan dari masyarakat agar Iriawan mundur tentu tidak lepas dari bayang-bayang ancaman sanksi FIFA yang pernah dirasakan Indonesia pada 2015 silam.

Kala itu pemerintah membekukan PSSI pada 17 April 2015 dengan dasar ketidakpatuhan atas imbauan Badan Olahraga Profesional (BOPI) terkait penyelenggaraan Liga Indonesia 2015, yang dijawab FIFA dengan menjatuhkan sanksi kepada PSSI per 30 Mei 2015.

BACA JUGA:Respon Instruksi Jokowi Terkait Kanjuruhan, Begini Jawaban Ketua Umum PSSI

Selain mencabut keanggotaan PSSI, FIFA juga melarang tim nasional maupun klub Indonesia bermain di kompetisi resmi FIFA dan AFC.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: