Terungkap, Ini Identitas 11 Anggota KKB Pembantai Warga Sipil Pekerja Trans Papua

Terungkap, Ini Identitas 11 Anggota KKB Pembantai Warga Sipil Pekerja Trans Papua

Teroris KKB Papua--

MANOKWARI, FIN.CO.ID - Terungkap identitas 11 anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua yang membantai 14 warga sipil dengan korban tewas empat orang.

Para warga sipil yang dibantai 11 anggota KKB Papua adalah para pekerja proyek pembangunan jalan Trans Papua.

Berdasarkan hasil penyelidikan, Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Papua Barat telah mengenali identitas 11 anggota KKB yang menyerang dan membantai 14 pekerja proyek pembangunan jalan Trans Papua Barat rute Bintuni-Maybrat, pada Kamis, 29 September 2022.

BACA JUGA:Heboh Dua Oknum Polisi Jilat Kue Ulang TNI, Kapolda Papua Akhirnya Minta Maaf ke Pangdam Kasuari

BACA JUGA:Kini, Istri Gubernur Papua Lukas Enembe Tak Bisa Belanja karena Rekening Diblokir KPK

BACA JUGA:Proses Evakuasi Berjalan Aman, Empat Jenazah Korban KKB Tiba di RS Polda Papua Barat

Direskrimum Polda Papua Barat Kombes Pol Novia Jaya mengatakan 11 orang anggota KKB pelaku penyerangan itu teridentifikasi berdasarkan gambar dan video yang disebar usai beraksi.

"Dari gambar dan video yang beredar, kita mencocokkan dengan keterangan saksi korban maupun warga sekitar lokasi kejadian. Identitas 11 orang terduga pelaku sudah diketahui," katanya, Kamis, 6 Oktober 2022.

Berdasarkan hasil identifikasi, diduga kuat pelaku penyerangan terhadap 14 pekerja proyek pembangunan jalan Trans Papua adalah jaringan KKB Maybrat.

BACA JUGA:4 Pekerja yang Tewas Dibantai KKB Papua Merupakan Karyawan CV Doreri Permai

BACA JUGA:Terungkap Lokasi Pembantaian KKB Papua ke 14 Pekerja yang Tewaskan 4 Orang Ternyata Bukan di Trans Papua

Jaringan KKB Maybrat merupakan kelompok teroris yang menyerang Pos Persiapan Koramil (Posramil) TNI di Kampung Kisor Maybrat pada September 2021 silam.

"Dari 11 terduga pelaku, ada salah satu DPO Maybrat berinisial MM. Sementara terduga pelaku lainnya merupakan kelompok baru di wilayah Moskona Kabupaten Teluk Bintuni. MM diduga kuat menjadi otak di balik aksi penyerangan 14 pekerja proyek jalan," katanya.

Kombes Novia Jaya menambahkan Polda Papua Barat akan segera melakukan gelar perkara untuk penetapan tersangka berikut daftar pencarian orang (DPO) terhadap 11 orang anggota KKB tersebut untuk disebar di seluruh wilayahnya Provinsi Papua Barat.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: