Dorong Pemulihan Ekonomi, Kementerian BUMN Gelar PaDi UMKM Hybrid Expo 2022

Dorong Pemulihan Ekonomi, Kementerian BUMN Gelar PaDi UMKM Hybrid Expo 2022

--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Kementerian BUMN terus mengambil peran aktif dalam mendorong pemulihan ekonomi pada berbagai sektor, termasuk pengembangan UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian berbasis ekonomi kerakyatan.

Hal ini sejalan dengan upaya Pemerintah dalam meningkatkan perekonomian nasional seiring dengan kasus pandemi Covid yang menunjukkan tren membaik.

BACA JUGA:Gandeng Denmark, PLN Pacu Pengembangan EBT Andal dan Terjangkau

Kali ini, Kementerian BUMN bersama-sama dengan BUMN dibawah PT PLN (Persero) sebagai Koordinator Pelaksana menginisiasi gelaran PaDi UMKM Hybrid Expo 2022 mengingat aktivitas masyarakat yang sudah mulai kembali normal.

Event yang diselenggarakan untuk kali ketiga ini diharapkan dapat mendorong UMKM untuk terus bangkit dan berkembang. Sebagaimana diketahui, dua event sebelumnya dilaksanakan pada tahun 2021 secara virtual/online.

Bertempat di Gedung Sarinah lantai Dasar dan lantai Basement pada tanggal 28 September – 2 Oktober 2022, PaDi UMKM Expo 2022 menghadirkan 40 UMKM yang telah dilakukan proses kurasi.

Sedangkan exhibitor pameran secara online yang diselenggarakan tanggal 28 September – 12 Oktober 2022, diikuti 412 UMKM yang merupakan binaan dari 8 instansi atau organisasi yaitu Kementerian Koperasi & UKM, Dekranas, Bhayangkari, HIPMI, IWAPI, NU, Muhammadiyah, dan Rumah BUMN dengan ragam produk yang secara garis besar dikelompokkan dalam 8 kategori yaitu Infrastruktur, Elektronik, Stationary & Percetakan, Furniture & Home Decor, Agro dan F&B, Creative Products, Pengadaan, Sewa & Perawatan, dan Jasa.

BACA JUGA:Dukung Gelaran IEMS 2022, PLN Akselerasi Kesiapan Infrastruktur Kendaraan Listrik di Indonesia

Dalam upaya menggaungkan kegiatan ini agar dapat diketahui dan diikuti ataupun dimanfaatkan masyarakat banyak, pada tanggal 28 September 2022 telah dilakukan opening ceremony PaDi UMKM Expo 2022 oleh Menteri BUMN RI, Erick Thohir di gedung Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat.

Dalam sambutannya, Erick menegaskan kita sebagai Bangsa Indonesia harus punya kepedulian, membangun sebuah ekosistem kebersamaan.

“Saya tidak percaya ekonomi Indonesia berdasarkan oligarki atau kapitalis. Tapi inilah Indonesia, fondasi dari ekonomi kita adalah ekonomi kerakyatan. Sejak awal, saya meminta BUMN, para pimpinan BUMN untuk ikut menjadi ekosistem besar. 24,5 triliun angka yang besar untuk UMKM. Kalau dibagi per transaksi 162 juta. Ini luar biasa,” tegas Erick.

Erick juga mengucapkan terima kasih ke berbagai pihak karena telah berkolaborasi dalam memajukan UMKM dan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

BACA JUGA:Perkuat Kapasitas SDM di Bidang Ketenagalistrikan, PLN Teken 3 Tahun Kerja Sama dengan Jepang

“Saya mengucapkan terima kasih untuk Pak Teten (Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia) yang terus berkolaborasi, Insya Allah niat baik ini ada jalannya. Untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus kita jaga 5% tiap tahunnya sampai dengan 2045, salah satunya pertumbuhan UMKM Indonesia,” Tambah Erick.

Sumber: