Tak Disangka, Parpol yang Satu Ini Ikutan Masuk Tren Positif Menuju Pemilu 2024

Tak Disangka, Parpol yang Satu Ini Ikutan Masuk Tren Positif Menuju Pemilu 2024

Massa Partai Gerindra. (ist)--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Rupanya, tren positif juga menghinggapi Partai Gerindra. 

Di survei yang diselenggarakan Lembaga Survei Jakarta (LSJ), partai berlambang Kepala Garuda ini berada di peringkat ke dua dengan elektabilitas 16,9 persen, di bawah PDIP dengan angka 22,8 persen.

Selanjutnya, diikuti Partai Golkar di peringkat ketiga dengan 10,3 persen, Partai Demokrat 10,1 persen dan PKS 7,4 persen. 

Hasil elektabilitas Partai Gerindra, katanya, mengalami kenaikan secara signifikan dan merupakan buah efek ekor jas coat-tail effect dari pencapresan Prabowo.

BACA JUGA:Makin Seru, Si Kancil Masih Bertengger di Bursa Pilpres 2024

Catatannya, di Pemilu 2009 ketika Prabowo menjadi Cawapresnya Megawati Soekarnoputri, Gerindra meraih 4,46 persen suara. 

Sejurus kemudian, di Pemilu 2014 ketika Prabowo menjadi Capres bersama Hatta Rajasa, Partai Gerindra meroket menjadi 11,81 persen.

Begitu pula ketika pada Pemilu 2019 Prabowo maju lagi sebagai capres bersama Sandiaga Uno, suara partai ini naik lagi menjadi 12,57 persen dan menjadi runner up mengalahkan Partai Golkar dan Partai Demokrat yang tidak ikut nyapres.

“Efek ekor jas (coat-tail effect) dari pencapresan Prabowo terbukti telah mengungkit perolehan suara Partai Gerindra dari pemilu ke Pemilu,” tekannya.

BACA JUGA:Kasus Pembunuhan Brigadir J Masuk Babak Baru, Ferdy Sambo Cs Berikut Barang Bukti Segera Diserahkan ke JPU

Menilik sejarah ini, asumsinya Partai Gerindra bisa saja kembali mendulang sukses di Pemilu 2024. 

Bahkan, ambisi PDIP untuk membuat hattrick kemenangan di Pemilu 2024 bisa kandas jika tokoh sentral partai mereka tidak ikut maju dalam kontestasi Pilpres.

Untuk diketahui, survei LSJ dilakukan medio 10-20 September 2022 di 34 provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Populasi survei ini adalah seluruh penduduk Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau belum 17 tahun tapi sudah menikah.

Sumber: