Waskita Karya Dapat Restu Melakukan Rights Issue Dengan Target Perolehan Dana Rp 980 Miliar

Waskita Karya Dapat Restu Melakukan Rights Issue Dengan Target Perolehan Dana Rp 980 Miliar

RUPSLB Waskita Karya 26 September 2022 (Ist)--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Waskita Karya (Persero) Tbk menyetujui rencana aksi korporasi Rights Issue dan penerbitan obligasi/sukuk. 

Target perolehan dana dari rights issue ini sebesar Rp 980 miliar. RUPSLB itu diselenggarakan di Gedung Waskita Heritage, Jakarta, Senin 26 September 2022.

BACA JUGA:Jasa Marga Cetak Laba Rp 734,8 Miliar, Pertahankan Kinerja Positif Hingga Semester I Tahun 2022

BACA JUGA:Pertamina Tegaskan Kualitas BBM Pertalite Tidak Berubah Sesuai Aturan Pemerintah

SVP Corporate Secretary Perseroan, Novianto Ari Nugroho menjelaskan bahwa persetujuan penambahan modal melalui rights issue akan didapatkan melalui menerbitkan saham baru hingga 8.722.695.331 saham seri B. 

Adapun nilai saham baru yaitu Rp100 per saham melalui mekanisme penawaran umum terbatas III.

"Perseroan juga mendapatkan persetujuan penerbitan obligasi dan sukuk melalui penawaran umum maupun tanpa penawaran umum atau penawaran umum berkelanjutan dengan penjaminan yang diberikan untuk dan atas nama pemerintah, baik secara langsung maupun melalui badan usaha yang ditunjuk sebagai penjamin dalam rangka memenuhi persyaratan penjaminan pemerintah," tulis Novianto dalam keterangannya hari ini.

Novianto menambahkan, pada tahun 2022 Waskita akan mendapatkan alokasi Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 3 triliun. PMN ini digunakan untuk menjaga komposisi kepemilikan saham antara pemerintah dan publik setelah diterimanya PMN.

BACA JUGA:PERHAPI: Indonesia tidak Perlu Kuatir jika Kalah di WTO, Hilirisasi Nikel Tak Boleh Berhenti

BACA JUGA:Asyik, Tol Bocimi Bakal Tersambung Sampai Sukabumi Barat Tahun 2024

"Dana PMN sebesar Rp 3 triliun akan digunakan untuk menyelesaikan 2 ruas tol yaitu, Ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (KAPB) Tahap 2 dan Ruas Tol Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 3, sementara target perolehan dana right issue Rp 980 miliar rencananya akan digunakan untuk tambahan modal kerja proyek infrastruktur strategis lainnya yang sedang dikerjakan oleh Waskita." ujar Novianto.

Diketahui Ruas Tol KAPB Tahap 2 masih membutuhkan dana untuk menyelesaikan pembangunan sebesar Rp 2 triliun dan saat ini progres pembangunannya telah mencapai 72,02 persen. Pembangunan tol itu ditargetkan akan selesai pada November 2023. 

Sementara Ruas Tol Ciawi - Sukabumi membutuhkan dana sebesar Rp 1 triliun untuk memulai pembangunan Seksi 3, dan secara keseluruhan progress pembangunan telah mencapai 46,21 persen dengan target selesai pada Mei 2025.

Waskita tetap konsisten melaksanakan upaya - upaya perbaikan kinerja keuangan dengan menjalankan 8 stream penyehatan keuangan yang sampai dengan saat ini telah berjalan dengan sangat baik. 

Sumber: