Apa Kanker Bisa Menular dari Penggunaan Barang yang Sama? Ini Kata Dokter

Apa Kanker Bisa Menular dari Penggunaan Barang yang Sama? Ini Kata Dokter

Stress, Tertekan | Image oleh Gerd Altmann dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Apakah menggunakan barang yang juga digunakan penderita kanker dapat menyebabkan Anda kena kanker juga?

Itu adalah sebuah pertanyaan yang disampaikan seseorang di forum Tanya Dokter.

Jadi apakah kanker itu dapat ditularkan dari penggunaan barang yang sama? Jawabnya menurut dokter tidaklah seperti demikian.

(BACA JUGA:Kanker Usus Besar Masuk Daftar Kanker Paling Banyak Ditemukan Nomor 4 di Indonesia, Begini Cara Mencegahnya)

“Kanker bukan merupakan penyakit infeksius serta penyebabnya paling sering disebabkan karena mutasi genetik,” kata dr. Riska Larasati seperti dikutip FIN dari Alodokter.

“(Mutasi ini) yang menyebabkan sel-sel tumbuh tidak normal dan tidak terkendali. Sel-sel kanker tersebut juga dapat menyebabkan gangguan pada sel normal sehingga dapat mengganggu fungsi tubuh,” sambungnya.

Dengan begitu, pada dasarnya menggunakan barang yang sama-sama digunakan penderita kanker, tidak akan menyebabkan seseorang ikut terkena kanker.

“Sehingga bila meminjam alat atau barang pada penderita kanker tidak akan menyebabkan penularan kanker. Selain itu sebaiknya menjaga kesehatan dengan makan-makanan bergizi, istirahat cukup, konsumsi cairan cukup, olahraga dan sebagainya,” tutupnya.

Makan Pisang Bisa Pangkas Risiko Kanker

Kanker adalah salah satu penyebab kematian tertinggi pada umat manusia, jenisnya pun bermacam-macam.

Dan ketika bicara upaya pencegahan kanker, maka makan buah pisang adalah salah satu yang dianjurkan para ahli.

Akan tetapi bukan buah pisang biasa, melainkan pisang yang sudah matang dengan bintik hitam di bagian kulitnya.

Menurut ahli, via Halodoc, pisang yang punya banyak  bintik hitam pada kulitnya ini, kaya akan kandungan TNF (Tumor Necrosis Factor).

Itu artinya, semakin banyak Anda menemukan bintik hitam pada pisang, maka semakin tinggi pula kandungan TNF-nya.

Itu artinya, semakin sering Anda makan pisang dengan bintik hitam, maka semakin rendah pula risiko Anda terkena kanker di kemudian hari.

TNF sendiri adalah zat antikanker yang dapat dimanfaatkan tubuh dalam melawan pertumbuhan sel-sel abnormal penyebab kanker.

Gak Cuma bagus untuk cegah kanker di kemudian hari, makan pisang yang kaya magnesium itu, dapat membantu penderita darang tinggi mengontrol tensinya.

Ya, dengan memenuhi kebutuhan tubuh akan magnesium, penderita darah tinggi akan lebih mudah dalam menurunkan tekanan darah dan membantu mengontrol tensinya.

Sumber: