Health

Kanker Usus Besar Masuk Daftar Kanker Paling Banyak Ditemukan Nomor 4 di Indonesia, Begini Cara Mencegahnya

fin.co.id - 02/09/2022, 20:30 WIB

Usus Besar, Image oleh JimCoote dari Pixabay

JAKARTA, FIN.CO.ID - Taukah Anda jika kanker usus besar adalah kanker yang paling banyak ditemukan nomor 4 di Indonesia?

Itu artinya, dengan data yang ada, potensi orang Indonesia kena kanker usus besar terbilang tinggi.

Tidak hanya itu, secara global, kanker usus besar bertanggung jawab atas 8,5 persen kasus kematian yang disebabkan oleh kanker.

(BACA JUGA: Kaitan antara Kebiasaan Makan Ikan dengan kanker Kulit Paling Mematikan)

Kanker usus besar sendiri terbentuk ketika sel-sel dinding usus besar, berubah menjadi ganas dan mengalami pertumbuhan yang tak terkendali.

Pertumbuhan inilah yang menyebabkan kerusakan jaringan dan organ sehat di sekitarnya.

Mereka yang punya riwayat kanker usus besar di keluarga, berusia 50 tahun, suka makan makanan berlemak, adalah mereka yang berpotensi kena kanker usus besar di kemudian hari.

Mereka yang punya kebiasaan merokok, minum alkohol, punya penyakit radang usus, diabetes, dan mengalami obesitas, juga berpotensi mengalaminya.

Ingin mencegah risiko kanker usus, ada beberapa tips yang bisa Anda praktekan secara mandiri, sebagaimana dianjurkan dr. Irene Cindy Suner, via alodokter:

1.    Membatasi makan daging merah dan daging olahan2.    Banyak-banyak makan makanan kaya serat dan antioksidan3.    Memperbanyak konsumsi lemak sehat, kalsium, dan vitamin D4.    Rutin olahraga dan menjaga berat badan ideal5.    Menghindari rokok6.    Membatasi konsumsi alcohol tidak lebih dari 30 ml per hari7.    Rutin skrining

Minum Kopi Berpotensi Cegah Kanker Usus Besar

Rutinitas minum kopi sudah sejak lama dikaitkan dengan dengan beberapa benefit sehat.

Beberapa studi menunjukan jika kebiasaan minum kopi, dapat membantu memangkas risiko orang kena diabetes di kemudian hari.

Namun taukah Anda, beberapa studi lainnya menemukan bahwa kebiasaan minum kopi, juga dapat memangkas risiko orang terkena kanker, di hari kemudian.

Menurut temuan ahli, via laman organisasi Cancer, minum kopi disebut dapat memangkas risiko kanker kepala dan leher, kanker usus besar dan rektal, kanker payudara dan kanker liver.

Admin
Penulis
-->