Anda Suka Menangis tanpa Sebab? Ini Ada Kaitannya dengan Masalah kejiwaan

Anda Suka Menangis tanpa Sebab? Ini Ada Kaitannya dengan Masalah kejiwaan

Nangis, tangis, menangis | oleh more photos boosty.to/victoria_art_music dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Suka menangis tanpa sebab yang jelas adalah apa yang dikeluhkan seorang penanya di forum Tanya Dokter.

Mau sedang memikirkan sesuatu, atau sedang tidak memikirkan apa-apa, bawaannya selalu ingin menangis.

Pertanyaanya, apakah normal jika seseorang tanpa sebab yang jelas bawaannya ingin menangis saja?

(BACA JUGA:Cara menenangkan Bayi yang sedang Menangis, Tips untuk Anda yang Baru Punya Momongan)

Menurut dr. Fadhilah Az Zahro, CIMI, alasan orang menangis tanpa sebab yang jelas itu bisa dikaitkan dengan beberapa jenis masalah kejiwaan.

“Mood swing, depresi, gangguan kecemasan dan gangguan bipolar (adalah beberapa penyebabnya)”, kata dokter Fadhilah seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Dokter Fadhilah menjelaskan, pada mood swing, seseorang akan mengalami perubahan mood atau suasana hati, yang perubahannya ini akan terlihat dan terasa dengan jelas.

Sementara depresi, “Merupakan gangguan suasana hati (mood) yang ditandai dengan kesedihan yang mendalam”.

Ia melanjutkan, pada mereka yang mengalami gangguan kecemasan, hal ini ditandai dengan rasa cemas dan khawatir yang berlebihan.

Kondisi ini kata dia, dapat mengganggu aktifitas keseharian penderitanya.
Sementara itu pada penderita gangguan bipolar, kondisi ini disebut dapat menyebabkan masalah yang ditandai dengan perubahan emosi yang drastis.

Ia juga menambahkan bahwa dalam mendiagnosanya, seseorang tidak bisa melakukannya secara mandiri.

Masalah di atas lanjut dr. Fadhilah Az Zahro, CIMI, hanya bisa dilakukan oleh dokter spesialis.

“Penyebab keluhan anda hanya dapat ditentukan oleh profesional yaitu dokter spesialis kejiwaan (Sp.KJ). Penanganan keluhan anda tergatung dari penyebab timbulnya keluhan tersebut,” jelas dia.

Depresi yang Dipicu Defisiensi Vitamin

Taukah Anda jika depresi disebabkan salah satunya akibat seseorang mengalami kekurangan vitamin, dalam hal ini defisiensi vitamin B12.

Menurut ahli, manusia membutuhkan sebanya 2,4 mikrogram setiap harinya. Akan tetapi, jumlah itu terkadang sulit untuk dipenuhi.

Penyebabnya adalah pola makan yang salah, atau kondisi kesehatan tertentu yang menyebabkan tubuh kesulitan untuk menyerapnya ke dalam sistem.

Mereka yang punya masalah pencernaan, seperti penyakit Celiac dan penyakit Crohn, adalah mereka yang kesulitan menyerap Vitamin B12 ke dalam tubuh mereka.

Orang yang sudah lanjut usia dan mereka yang menjalani gaya hidup vegetarian juga berpotensi alami kekurangan vitamin B12.

Tidak ingin hal ini terjadi pada Anda, memilih jenis makanan yang tepat, sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda akan vitamin B12.



Sumber: