Cara menenangkan Bayi yang sedang Menangis, Tips untuk Anda yang Baru Punya Momongan

Cara menenangkan Bayi yang sedang Menangis, Tips untuk Anda yang Baru Punya Momongan

Bayi Menangis, Ilustrasi oleh Ben Kerckx dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda baru menjadi orang tua, atau Anda kembali jadi orang tua baru, dan kini sedang kerepotan menjalani tugas Anda.

Kerepotan yang dimaksud di sini adalah, Anda kewalahan untuk membuat buah hati Anda yang baru lahir itu terdiam dari tangisannya.

Well, menurut ahli, ada tips manjur yan bisa dipraktekan untuk menenangkan bayi yang menangis.

(BACA JUGA:Awas, Bayi Lemas setelah Dilahirkan Bisa Jadi Pertanda Cerebral Palsy)

(BACA JUGA:Cara Menidurkan Bayi dengan Sentuhan Jari di Kepala)

Tips yang dimaksud di sini, via ANTARA, adalah dengan menggendong bayi, dan berjalan kaki selama lima menit ke depan.

Tips menenangkan bayi dengan berjalan kaki ini, berdasarkan sebuah eksperimen yang dilakukan di Jepang dan Italia.

Tips menenangkan bayi dengan cara menggendongnya dan berjalan kaki lima menit ini, diungkap ahli pada jurnal Current Biology.

Dalam jurnal itu, para peneliti berharap agar temuan tersebut dapat bermanfaat bagi orang tua yang stres dalam menghadapi bayi, terutama bagi orang tua yang tidak atau belum berpengalaman.

Cara menidurkan bayi dengan cara menggendong dan berjalan kaki ini menurut ahli, mampu memberikan kenyamanan yang lebih pada bayi dibandingkan dengan metode lain seperti membiarkan bayi menangis hingga tertidur.

Kendati demikian, mereka masih membutuhkan lebih banyak waktu untuk memahami, apakah menggendong sambil berjalan itu dapat melatih bayi untuk tidur dalam waktu yang lebih panjang atau tidak.

Tips Menidurkan Bayi dengan Setuhan Tisu

Menurut saran ahli, yang pertama kali perlu dilakukan orang tua, adalah memastikan bahwa bayi Anda tidak tidur menjelang atau sebelum waktu tidur.

Hal inilah yang menurut ahli, menjadi alasan mengapa bayi kerap bersemangat dan tetap melek, di saat waktunya tidur.

Akan tetapi kondisi ini bukan tanpa solusi. Menurut pakar tidur di Babysense, penggunaan tisu dapat membantu baby Anda lebih mudah terlelap.

"Belai wajah bayi Anda secara perlahan dengan tisu hingga mata mereka menutup, Anda akan lihat sendiri efek luar biasanya," bunyi tips Babysense itu, via The Sun.

Babysense juga tidak menganjurkan penggunaan tisu basah, jadi pastikan bahwa yang Anda gunakan di sini hanyalah jenis tisu kering.

Namun ketika trik tisu kering gagal, Anda mungkin ingin mencoba tips lain, yakni penggunaan suara air mengalir.

Suara air mengalir ini bisa didengarkan ke buah hati dalam bentuk digital, jadi Anda tidak perlu benar-benar menyalahkan keran air di kamar mandi atau toilet rumah Anda.

Di YouTube sendiri banyak konten-konten yang menyediakan suara terapi yang demikian, seperti air mengalir di sungai, suara hujan dan sejenisnya.




DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: