WHO Sebut Akhir Pandemi Covid-19 di Depan Mata, Ternyata Ini Alasannya

WHO Sebut Akhir Pandemi Covid-19 di Depan Mata, Ternyata Ini Alasannya

Logo WHO. (ist)--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organisation (WHO) menyebut akhir Pandemi COVID-19 sudah di depan mata. 

Ini adalah penilaian paling optimistis dari PBB sejak mengumumkan keadaan darurat internasional pada Januari 2020 dan mulai mengumumkan COVID-19 sebagai pandemi tiga bulan kemudian.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, dunia berada di posisi yang sangat baik untuk segera mengakhiri Pandemi COVID-19. 

(BACA JUGA:Alhamdulillah, WHO Sebut Pandemi Covid-19 segera Berakhir, Puan Minta Genjot Vaksinasi Booster)

Sejauh ini, ada 606 juta orang di seluruh dunia yang terinfeksi Virus Corona dan 6,5 juta tewas karenanya.

Tedros juga kembali mendesak negara-negara untuk menjaga kewaspadaan mereka dan menyamakan pandemi dengan perlombaan maraton. 

Dia mendesak negara-negara mengevaluasi kebijakan dan memperkuatnya untuk COVID-19 dan virus di masa depan serta mendorong vaksinasi 100% kelompok berisiko tinggi dan tetap melakukan pengujian.

“Sekarang adalah waktunya untuk berlari lebih keras dan memastikan kita melewati batas dan menuai hasil dari semua kerja keras kita. Kita belum sampai di sana. Tetapi akhirnya sudah di depan mata,” kata Tedros saat konferensi pers dikutip dari Reuters, Sabtu (17/9/2022).

(BACA JUGA:WHO Tetapkan Cacar Monyet Sebagai Darurat Kesehatan Global, Dinkes Tangerang Gercep Antisipasi)

Disebutkan, vaksinasi dan terapi penanganan Covid-19 telah membantu membendung kematian dan rawat inap, dan varian Omicron yang muncul akhir tahun lalu menyebabkan penyakit yang tidak terlalu parah. 

Kematian akibat Covid-19 pekan lalu dilaporkan sebagai level terendah sejak Maret 2020 oleh PBB.

Pertemuan para ahli WHO berikutnya adalah untuk memutuskan apakah pandemi masih merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional. 

Pertemuan ini akan diadakan pada Oktober 2022.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Darul Fatah

Tentang Penulis

Sumber: