Media Asing Sebut Anies Gubernur Populer yang Didukung Kelompok Islam Garis Keras

Media Asing Sebut Anies Gubernur Populer yang Didukung Kelompok Islam Garis Keras

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat pidato di Youth 20 Indonesia.--

JAKARTA, FIN.CO.ID- Media asing, Reuters memberitakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai Gubernur populer di Indonesia yang banyak mendapat dukungan dari kelompok Islam garis keras.

Reuters menulis Anies terpilih sebagai Gubernur DKi Jakarta karena didukung oleh kelompok Islam garis keras untuk melawan Basuki Tjahja Purnama atau Ahok dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada tahun 2027 silam. 

"Anies juga dikritik karena bagaimana ia naik ke tampuk kekuasaan di Jakarta pada tahun 2017, dibantu oleh kelompok-kelompok Islam garis keras yang telah melakukan agitasi selama berbulan-bulan terhadap lawannya dan mantan gubernur Basuki Tjahaja Purnama—seorang Kristen etnis Tionghoa—yang kemudian dipenjara karena menghina Islam," tulis Reuters, Jumat 16 September 2022. 

(BACA JUGA:Anies Baswedan Deklarasi Maju Capres 2024, Mardani Ali Sera: Indonesia Butuh..)

(BACA JUGA:Anies Baswedan Nyatakan Siap Maju sebagai Capres di 2024)

Reuter menulis bahwa Anies adalah sosok penganut Islam moderat. Namun Anies tidak berbuat banyak untuk memperbaiki keretakan agama pascapilkada DKI Jakarta.

"Pada saat itu, Anies, yang menganut Islam moderat, terlihat tidak berbuat banyak untuk memperbaiki keretakan agama dan komunal yang melebar di negara berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia itu," tulis Reuters.

Reuter menyebut bahwa Anies sebagai salah satu tokoh potensial di Pemilihan Presiden 2024. Anies selalu muncul dalam sejumlah lembaga survei independen.

"Analis mengatakan Anies kemungkinan akan menjadi yang terdepan mengingat popularitasnya di salah satu kota terbesar di Asia Tenggara, posisi yang sering dianggap sebagai batu loncatan menuju kursi kepresidenan. Widodo adalah gubernur kota selama dua tahun sebelum memenangkan jabatan puncak pada tahun 2014," tulis media yang berbasis di London itu.

(BACA JUGA: Anies Dikabarkan Jadi Tersangka Formula E, KPK: Masih Penyelidikan)

(BACA JUGA: Jelang Lengser Anies Mau Ganti Pejabat, Ketua DPRD DKI Beri Sindiran Menohok)

Lebih lanjut, Reuters menyebut Anies Baswedan manyatakan siap maju sebagai calon presiden 2024. Hal itu dikatakan Anies kepada Reuters di Sangapura belum lama ini.

"Saya siap mencalonkan diri sebagai presiden jika sebuah partai mencalonkan saya," katanya kepada Reuters dalam sebuah wawancara di Singapura.

"Survei yang tidak diminta ini terjadi bahkan sebelum saya berkampanye, saya pikir mereka memberi saya lebih banyak kredibilitas,"lanjut Anies diberitakan Reuters.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: